Sudah Teken, Luhut Sebut Investasi CBL di Indonesia Rp6 Triliun

Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:31 WIB
loading...
Sudah Teken, Luhut Sebut Investasi CBL di Indonesia Rp6 Triliun
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan, perusahaaan kendaraan baterai kendaraan listrik asal China yakni China Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co Ltd (CBL) akan berinvestasi di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan, perusahaaan baterai kendaraan listrik asal China yakni China Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co Ltd (CBL) akan berinvestasi di Indonesia dalam waktu dekat ini.



Luhut mengatakan, pemerintah Indonesia dan pihak CBL telah menyepakati adanya investasi tersebut. Ia mengatakan investasi ini akan memberikan dampak positif bagi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Luhut menyebutkan bahwa nilai investasinya sebesar USD420 juta atau sekitar Rp6,52 triliun (kurs Rp15.533 per USD).

"Sebenarnya sudah tanda tangan, itu kira-kira USD 420 juta, jadi walaupun harga nikel agak turun, saya pikir kemajuan dilakukan. Diumumkan pada tanggal 28 (Desember)," kata Luhut dalam konferensi pers Evaluasi Kinerja 2023 menuju Indonesia emas 2045, Jumat (22/12/2023).



Adapun kesepakatan ini merupakan tindaklanjut dari PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat atau Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) dengan PT International Mineral Capital (PTIMC) yang merupakan anak usaha perseroan, dan Hong Kong CBL Limited (HKCBL) yang merupakan anak perusahaan Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co. Ltd. (CBL).

Perjanjian tersebut merupakan pengalihan sebagian kepemilikan saham pada PT Feni Haltim (PT FHT) untuk pengembangan dan pengoperasian kawasan industri sebagai lokasi pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) battery terintegrasi, serta perluasan dan pembangunan pelabuhan, dan infrastruktur lainnya.

"Termasuk di dalamnya pembangunan fasilitas pengolahan nikel berbasis teknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) sebanyak empat line produksi, guna mewujudkan pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik di Halmahera Timur, Maluku Utara,” kata Sekretaris Perusahaan ANTM, Syarif Faisal Alkadrie dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (9/5/2023).

Syarif menjelaskan, penandatanganan CSPA ini merupakan pencapaian perusahaan atas upaya pengembangan baterai kendaraan listrik yang sedang dilakukan.

CBL secara grup sebagai calon mitra kerja strategis ANTM, memiliki portofolio untuk melakukan pengembangan dan pengelolaan kawasan industri nikel, serta dapat memberikan kepastian pemenuhan tenant di Kawasan Industri PT FHT. Hal itu diharapkan akan bisa memberikan iklim investasi yang menjanjikan bagi Indonesia.

“Diharapkan CSPA ini akan bisa meningkatkan efektivitas pengembangan baterai kendaraan listrik yang sedang dilakukan di Indonesia, sehingga dapat menciptakan nilai tambah dalam pengelolaan bijih nikel ANTM, baik limonite maupun saprolite,” kata Syarif.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4067 seconds (0.1#10.140)