Turnamen Sains Data Nasional 2023 Rampung Digelar, Ini Para Pemenangnya

Kamis, 21 Desember 2023 - 23:18 WIB
loading...
Turnamen Sains Data Nasional 2023 Rampung Digelar, Ini Para Pemenangnya
Turnamen Sains Data Nasional 2023 yang digelar sejak 28 Oktober hingga 15 Desember telah menghasilkan sejumlah pemenang. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Turnamen Sains Data Nasional 2023 yang digelar sejak 28 Oktober hingga 15 Desember telah menghasilkan sejumlah pemenang. Mereka menjadi yang terbaik dari 2.240 peserta turnamen.

Pemenang Turnamen Sains Data Nasional 2023 dibagi dalam beberapa kategori, yakni Pelajar, Mahasiswa, dan Publik. Para pemenang diumumkan oleh perwakilan Tanamduit Akmal Refandia Bakrie bersama Kabid SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta Didin Wahyudin, Brand Manager PYFAHEALTH Maharanita Nugradiaharti, dan perwakilan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Muhammad Al Fikri.

Pada kategori pelajar, peringkat pertama diraih SMKN 26 Jakarta (SERENDIPITY) dengan proyek Meningkatkan Sistem Keamanan Data dengan Voice Authentication. Juara kedua disabet SMA Telkom Jakarta (Dreamweavers) dengan proyek Antivirus Extension. Sedangkan juara ketiga diraih SMKN 26 Jakarta (Exuberance) dengan nama proyek Deteksi Phishing Melalui Analisis Website URL.

Kategori mahasiswa, posisi pertama diraih Universitas Telkom Bandung (Ngewakilin EDE) dengan nama proyek CyberPolice: Analisis Keamanan Jaringan Melalui Sistem Deteksi Intrusi Berbasis Machine Learning. Juara kedua dimenangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (Jina Akusara) dengan proyek Android Malware Detection Using Neural Networks. Sedangkan pada posisi ketiga disabet Universitas Pendidikan Indonesia (PRIVATOR) dengan judul proyek PRIVATOR-Aplikasi AI Berbasis Web untuk Deteksi dan Sensor Otomatis Informasi Pribadi pada Konten Citra sebagai Solusi Pencegahan Kebocoran Data melalui Media Sosial.

Kategori publik, juara pertama diraih group The Blues Skies dengan judul proyek Tingkatkan Keamanan Bisnis dan Proteksi Pribadi dengan Trustshield: Inovasi AI dalam Deteksi dan Pencegahan Penipuan. Juara kedua disabet kelompok Avektive dengan judul proyek Vulnerability Prioritization Using Machine Learning Model. Juara ketiga dimenangkan Pabanang dengan judul proyek Prediction and Monitoring if Credit Card Fraud Using Arthitectural Data.

"Kami memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta yang telah menunjukan bakatnya pada Turnamen Sains Data Nasional tahun ini. Semoga kegiatan ini terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya, sehingga memunculkan talenta baru untuk para penggiat Sains yang akan berdampak baik pada kontribusi yang positif bagi bangsa Indonesia," kata perwakilan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Bonardo Aldo Tobing dalam keterangannya, Kamis (21/12/2023).

Turnamen Sains Data Nasional 2023 bertema Meningkatkan Keamanan Menggunakan Keilmuan Sains Data dan AI
digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023. Momen Sumpah Pemuda ini menjadi pemacu penting untuk membangkitkan semangat pemuda setiap generasinya.

Ketua Koordinator Turnamen Sains Data Nasional 2023, Rahmah Muchtar menyatakan akan kembali menggelar kegiatan yang sama pada tahun depan. "Turnamen Sains Data Nasional 2024 (TSDN 2024) akan digelar kembali dengan tema yang lebih menantang," katanya.

Turnamen Sains Data Nasional 2023 merupakan hasil kolaborasi antara Data Academy, LSP DATA, beberapa kementerian/lembaga, pihak swasta.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)