alexametrics

Dubes RI: Hanya Allah yang Tahu Jumlah WNI di Saudi

Dubes RI: Hanya Allah yang Tahu Jumlah WNI di Saudi
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Foto/Sindonews/Victor Maulana
A+ A-
JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menuturkan pihaknya tidak mengetahui jumlah pasti warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Arab Suadi. Bahkan, menurutnya pemerintah Saudi juga tidak mengetahui hal ini.

Agus menuturkan, banyaknya warga yang masuk ke Saudi secara ilegal membuat mereka sulit untuk mendetaksi keberadaan WNI tersebut. Selain itu, banyak WNI yang awal bekerja di Suadi secara legal, membuat diri mereka ilegal, karena hal ini dapat membuat mereka mendaptakan bayaran lebih besar.

"Jumlah WNI kita di Saudi seberapa banyak yang tahu hanya Allah. Dengan mengilegalkan diri mereka bisa menentukan harga harian sendiri," ucap Agus pada Kamis (15/2/2018).

Sementara itu ketika disinggung mengenai permintaan dubes Saudi untuk Indonesia, Osamah Mohammad Al Shuibi, agar Jakarta segera membuka moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Timur Tengah, khususnya Saudi, Agus menuturkan dia sudah sering mendapatkan permintaan tersebut.

Namun, Agus menuturkan meskipun sudah ada moratorium aliran TKI ke Saudi nyatanya masih tetap deras. Ia mengatakan, salah satu modus yang kerap dipakai untuk memasukan TKI ke Saudi adalah dengan menggunakan visa ziarah.

"Faktanya enggak pernah ditutup, Saudi punya cara sendiri, punya cara untuk buka pintu itu. Modusnya begini, mereka masuk diberikan visa ziarah selama 90 hari, setelah sampai sana di convert jadi izin tinggal. Kalau sudah jadi izin tinggal ini bisa 5-10 tahun," jelasnya.

Pria berkumis itu kemudian mengimbau agar WNI mematuhi moratorium tersebut. Sebab, jika mereka bersikeras untuk bekerja dengan ilegal, langkah itu berpotensi menyulitkan diri mereka sendiri di masa depan.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top