alexametrics

Wamenlu: Terima Kasih Maroko Dukung RI Jadi Anggota Tak Tetap DK PBB

Wamenlu: Terima Kasih Maroko Dukung RI Jadi Anggota Tak Tetap DK PBB
Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Wakil Menteri Luar Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Maroko Mounia Boucetta di Jakarta. Fachir menyampaikan terima kasih kepada Maroko karena mendukung Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB.

”Tadi saya bertemu dengan teman saya dari Kementerian Luar Negeri Maroko, rekan saya. Intinya kita coba bahas bagaimana memajukan hubungan kerja sama. Kita terima kasih ke Maroko yang mendukung kita untuk menjadi anggota tidak tetap DK PBB,” kata Fachir, Selasa (13/2/2018).

”Kita tidak ada masalah politik, tapi kita selalu kerja sama di isu internasional. Secara bilateral, tantangan kita bagaimana menerjemahkan hubungan yang baik dalam kerja sama yang menguntungkan,” ujar diplomat Indonesia ini.

Dalam pertemuan tersebut, Fachir menekankan kepada Boucetta perlunya para pelaku bisnis difasilitasi dengan baik. Di antaranya melalui perjanjian dan kepastian waktu yang singkat agar perjanjian itu bisa cepat terealisasi.

”Karena akan membantu para pelaku bisnis semakin meningkatkan kinerja mereka. Kita lihat itu karena menurunnya volume perdagangan kita dari 150 sekian jadi 110 sekian. Jadi itu yang mendorong kita memfasilitasi itu,” katanya.

”Kita juga banyak membutuhkan barang-barang dari Maroko, antara lain fosfat. Misal pupuk, kebutuhan pupuk bisa terpenuh antara lain dengan potensi yang dimiliki Maroko. Kita juga diskusi tentang bagaimana mempromosikan moderasi. Mereka punya program itu, kita juga. Bagaimana kita bisa mempromosikan moderasi? Dialog lintas agama,” imbuh Fachir.

Menurutnya, Maroko berminat menjadi mitra sektoral ASEAN. Dia menyarankan kepada Maroko untuk segera menggelar pembicaraan dengan ASEAN guna mengidentifikasi sektor potensial apa yang bisa dijalin kerja sama.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top