Anak Kereta Wajib Tahu, Jalur Perjalanan KRL Commuter Line Diubah Mulai Hari Ini

Rabu, 20 Desember 2023 - 15:11 WIB
loading...
Anak Kereta Wajib Tahu, Jalur Perjalanan KRL Commuter Line Diubah Mulai Hari Ini
Stasiun Manggarai. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) melakukan Switch Over ke-7 Stasiun Manggarai , Jakarta yang mulai berlaku pada Rabu (20/12/2023) ini. Akibatnya, pintu masuk penumpang dan jalur perjalanan KRL Commuter Line pun mengalami perubahan.

Informasi itu diunggah oleh akun Instagram DJKA, @ditjenperkeretaapian sejak dua hari lalu. Disebutkan, pola pelayanan di Stasiun Manggarai akan mengalami penyesuaian menyusul dilakukannya switch over (SO) ke-7 yang berlaku mulai Rabu (20/12/2023) ini.

"Ada Switch Over ke-7 Stasiun Manggarai Pintu Masuk Penumpang dan Jalur Perjalanan Commuter Line Diubah Berlaku Mulai Rabu (20/12)," tulis postingan DJKA melalui foto yang diunggahnya sebagaimana dilihat pada Rabu (20/12/2023).

DJKA mengatakan, imbas pemberlakukan Switch Over ke-7 di Stasiun Manggarai, waktu tempuh dan antrean KA akan berkurang signifikan lantaran perjalanan Commuter Line akan dioperasikan dengan jalur ganda pada ruas jalur Manggarai-Jatinegara, dari sebelumnya hanya jalur tunggal. Lalu, area perpindahan penumpang juga akan lebih luas karena area concourse pada bangunan baru Stasiun Manggarai dioperasikan menyusul adanya SO ini.



"Terdapat 9 gate elektronik untuk proses tap masuk dan tap keluar pengguna Commuter Line," tulis DJKA.

DJKA menyebutkan, adanya Switch Over ke-7 itu, jalur Commuter Line Cikarang tujuan Tanah Abang atau Kampung Bandan juga mengalami perubahan. Lalu, terjadi pula perubahan pintu masuk dan jalur Commuter Line di Stasiun Manggarai tersebut.

"Pelaksanaan Switch Over ke-7. Pengguna Commuter Line Cikarang untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron antara jalur 6 dan 7 akan dialihkan menjadi pada peron di antara jalur 1 dan 2," tulis DJKA.

Lalu, Pengguna Commuter Line Cikarang untuk tujuan Bekasi/Cikarang yang semula dilayani pada peron jalur 8 akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur 3 dan 4. Kemudian, Pengguna Commuter Line Feeder untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron jalur 6 dan 7, akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur 1 dan 4.

"Pengguna Commuter Line Bandara Soetta yang semula dilayani pada jalur 9 akan dialihkan menjadi jalur 7 dan 8. Pengguna Commuter Line tujuan Bogor/Nambo/Jakarta Kota tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan peron 9, 10, 11, dan 12."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)