Afghanistan Tuding Pakistan Dalang Gelombang Serangan Mematikan

Jum'at, 02 Februari 2018 - 23:53 WIB
Afghanistan Tuding Pakistan Dalang Gelombang Serangan Mematikan
Afghanistan Tuding Pakistan Dalang Gelombang Serangan Mematikan
A A A
KABUL - Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, menuding Pakistan melindungi pemberontak Taliban. Ia pun menyalahkan negara Muslim yang menjadi tetangganya itu karena gelombang serangan teroris yang menggoncang negara itu dan menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan pemerintahnya melindungi rakyat.

Dalam pidato di televisi, Ghani menggambarkan Pakistan sebagai pusat terorisme Taliban. Ia pun menuntut agar pejabat Pakistan melakukan langkah-langkah konkret dan nyata untuk memberangus kelompok pemberontak dari negara mereka.

"Bangsa Afghanistan sedang menunggu tindakan yang jelas dari Pakistan," katanya seperti dikutip dari Washington Post, Jumat (2/2/2018).

Ghani, yang diapit oleh pemimpin ulama Muslim, mengulangi tuntutan yang dibuat oleh dua pembantu keamanan utama Kamis setelah mereka melakukan perjalanan ke Pakistan. Kepala menteri dan kepala intelijen Afghanistan mengatakan bahwa mereka telah menunjukkan kepada petugas di sana "bukti yang tak terbantahkan" bahwa penyerang yang melakukan beberapa pemboman dan penembakan di Kabul dilatih dan diluncurkan dari Pakistan.

Para ajudan tersebut mengatakan bahwa mereka memberi pejabat Pakistan daftar orang-orang yang telah mengatur serangan serta lokasi fasilitas keagamaan dan pelatihan untuk mereka. Mereka mengatakan bahwa informasi tersebut diperoleh sebagian dari tersangka yang ditangkap dalam gelombang kekerasan baru-baru ini, yang menyebabkan lebih dari 130 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Pejabat Pakistan segera membantah tuduhan bahwa mereka melindungi kelompok Taliban, termasuk jaringan Haqqani, yang mengklaim telah melakukan beberapa serangan baru-baru ini. Sebuah pernyataan kementerian luar negeri di Islamabad mengatakan bahwa Afghanistan harus fokus pada penyimpangan keamanan dalam negeri daripada menyalahkan tetangganya.

Pakistan telah berulang kali menolak tuduhan serupa dari pejabat pemerintah Amerika Serikat (AS). Namun pemerintah Trump baru-baru ini menghentikan semua bantuan militer setelah mengatakan bahwa Pakistan tidak berbuat banyak untuk mengendalikan Haqqani dan kelompok militan anti-asing lainnya.

"Kami menolak tuduhan dukungan terhadap jaringan Haqqani atau Taliban dan atau mereka menggunakan wilayah kami," kata juru bicara kementerian luar negeri Pakistan Muhammad Faisal di Islamabad.

Dia mengatakan bahwa "petak besar" wilayah Afghanistan digunakan oleh kelompok teroris sebagai tempat perlindungan. "Menyalahkan Pakistan karena penyimpangan keamanan di Afghanistan tidak adil," cetusnya.

Meskipun ada penolakan mereka, pejabat Pakistan mengatakan bahwa mereka masih berniat untuk mengirim delegasi pejabat ke sini dalam beberapa hari ke depan untuk membahas masalah tersebut.

Ghani dan pemerintahannya mendapat kritikan keras karena gagal memberikan keamanan bagi warga sipil, yang dengan sengaja menargetkan sebagian besar serangan tersebut. Presiden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia telah memerintahkan peninjauan keamanan yang luas di Ibu Kota, dan dia baru-baru ini mengatakan bahwa prioritas utamanya adalah membuat perubahan di sektor keamanan.

Kritikus menuduh Ghani, yang diperkirakan akan melakukan pemilihan ulang tahun depan, membiarkan persaingan politik mengalihkan perhatiannya dari masalah keamanan yang lebih mendesak. Mantan presiden Hamid Karzai, salah satu kritikusnya yang paling tajam, mentweet pada hari Jumat bahwa sementara negara tersebut di bawah pengepungan dan ancaman teroris yang serius, pemerintah lebih fokus pada saingan politiknya untuk menyingkirkan mereka menjelang pemilihan.

Pekan lalu ini juga melihat sekelompok pemrotes berkumpul di ibukota, mencela pemerintah Afghanistan dan Pakistan, dan sebuah ledakan frustrasi dan kemarahan pada media sosial. Banyak orang dan beberapa pemimpin oposisi telah meminta pejabat pemerintah senior untuk mengundurkan diri.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4320 seconds (0.1#10.140)