AS Ingin Lebih Sering Latihan Perang dengan Filipina

Sabtu, 27 Januari 2018 - 15:04 WIB
AS Ingin Lebih Sering Latihan Perang dengan Filipina
AS Ingin Lebih Sering Latihan Perang dengan Filipina
A A A
MANILA - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) ingin melakukan lebih banyak latihan perang dengan Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) di negara Asia Tenggara itu. Begitu sebuah pernyataan yang dikeluarkan militer Filipina.

Kepala staf AFP Jenderal Rey Leonardo Guerrero bertemu dengan Sekretaris Angkatan Udara AS, Heather Wilson, pada Jumat kemarin di markas umum AFP di Quezon City. Keduanya mendiskusikan kemungkinan latihan perang gabungan antara angkatan bersenjata dua negara.

Wilson berada di Filipina untuk kunjungan tiga hari yang dimulai pada hari Kamis. Selain Guerrero, Wilson juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana dan perwira tinggi Angkatan Udara Filipina (PAF).

"Wilson menyatakan minatnya untuk saling menguntungkan dalam pelatihan bilateral, termasuk latihan perang, antara PAF dan Pacific Air Force AS," bunyi pernyataan tersebut seperti dinukil dari Xinhua, Sabtu (27/1/2018).

Dikatakan dalam semua pertemuannya dengan perwira pertahanan dan militer Filipina, Wilson membahas kemitraan militer Filipina-AS dan kepentingan pertahanan bersama lainnya, termasuk kerjasama teknis angkatan udara dan pengembangan kemampuan, antara lain.

Namun pernyataan tersebut tidak merinci rincian pembahasan.

Guerrero, pada bagiannya, berterima kasih kepada Wilson atas bantuan militer AS yang terus berlanjut untuk mengembangkan kemampuan PAF lebih lanjut, kata pernyataan tersebut.

Secara khusus, pernyataan tersebut mengatakan bahwa Guerrero mengucapkan terima kasih kepada Wilson atas dukungan AS untuk mengalahkan teroris al-Qaeda yang melakukan pengepungan di Marawi City pada bulan Mei tahun lalu, memastikan kemenangan dalam pertempuran lima bulan yang menghancurkan kota di Filipina selatan itu.

Guerrero memuji militer AS karena kemampuan dan kerja sama teknisnya selama perang di Marawi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5088 seconds (0.1#10.140)