Inggris Diam-diam Kirim 500 Pasukan ke Pangkalan Siprus, Pasok Senjata ke Israel

Rabu, 13 Desember 2023 - 15:30 WIB
loading...
Inggris Diam-diam Kirim 500 Pasukan ke Pangkalan Siprus, Pasok Senjata ke Israel
Bendera Yunani (kiri) dan Siprus (kedua kiri), berkibar di bagian selatan, saat wilayah utara yang dikuasai Turki, mengibarkan bendera Turki dan Turki Siprus di menara Masjid Selimiye di Siprus. Foto/AP
A A A
LONDON - Inggris telah mengirim 500 tentara tambahan ke pangkalan di Siprus, sekitar 200 mil dari Tel Aviv, setelah Israel memulai kampanye pemboman di Gaza.

Kabar itu diungkap media Inggris, dilansir Sputnik pada Rabu (13/12/2023). Sebelumnya, Inggris mengaku mengirimkan 1.000 tentara ke Mediterania Timur untuk mendukung Israel namun tidak memberikan rincian di mana pasukan tersebut dikerahkan.

Namun James Heappey, yang menjabat sebagai menteri angkatan bersenjata Inggris, membenarkan dalam suratnya kepada seorang anggota parlemen Inggris bahwa sekitar 500 tentara telah dikirim ke Siprus.

Inggris memiliki dua pangkalan militer di Siprus yang dianggap sebagai wilayah Inggris, Dhekelia, di bagian timur pulau dan Akrotiri di barat.

Royal Air Force (RAF) Akrotiri adalah yang lebih besar dari keduanya dan juga mencakup pangkalan yang digunakan militer Amerika Serikat (AS).

Pangkalan RAF Akrotiri telah digunakan oleh Inggris sebagai lokasi kampanye pemboman di Timur Tengah.
Surat Heappey juga dilaporkan menyatakan pasukan tambahan dikirim ke Mesir, Israel dan Lebanon, namun menolak mengungkapkan jumlahnya dengan dalih “alasan keamanan operasional.”



Pengerahan terbaru ini menambah jumlah tentara Inggris yang ditempatkan di Siprus menjadi 2.717 orang, dengan tambahan 273 pegawai negeri sipil.

Sebanyak 129 tentara AS tambahan diketahui ditempatkan di pangkalan Inggris di Siprus, namun tidak diketahui apakah jumlah tersebut meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Seorang juru bicara pemerintah Siprus membantah negara tersebut digunakan untuk memberikan bantuan militer kepada Israel, pernyataan yang didukung Presiden Siprus Nikos Christodoulides.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)