Pempek Masuk Daftar Makanan Terenak di Dunia 2023 Bersama 2 Kuliner Nusantara Lain

Rabu, 13 Desember 2023 - 10:41 WIB
loading...
Pempek Masuk Daftar Makanan Terenak di Dunia 2023 Bersama 2 Kuliner Nusantara Lain
Pempek masuk dalam daftar ‘100 Best Dishes in The World’ versi Taste Atlas 2023. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Pempek masuk dalam daftar ‘100 Best Dishes in The World’ versi Taste Atlas 2023. Kuliner khas Palembang itu berada di urutan 13 dari 100 makanan terenak di dunia, mengungguli dua makanan Indonesia lain.

Pempek merupakan salah satu jenis makanan yang dibuat dari olahan ikan yang lembut dan ditambah kuah cuko yang khas. Tak hanya orang Palembang, masyarakat di daerah lain pun suka makan pempek. Apalagi keberadaannya sudah lumayan menyebar di banyak pelosok Nusantara.

Rupanya, dunia pun mengakui kelezatan pempek. Terbukti dari masuknya kudapan ini ke dalam daftar ‘100 Best Dishes in The World’ versi Taste Atlas 2023.



Meraih skor 4.64, pempek mampu mengungguli makanan asal Indonesia lainnya seperti bubur ayam dan ayam goreng. Dua makanan tersebut juga masuk daftar yang sama, namun berada di bawah pempek dengan posisi masing-masing ada di urutan 67 dan 91. Skor yang dimiliki bubur ayam adalah 4.51, sementara ayam goreng 4.49.

Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, karena artinya, dari sekian banyak makanan di dunia, ketiga kuliner Nusantara tersebut mampu bersaing dan mengalahkan menu lainnya untuk dapat diakui sebagai makanan terenak.

Di Indonesia, pempek memiliki banyak variasi. Mulai dari pempek kapal selam, pempek telok kecik, pempek keriting, pempek lenjer, pempek kulit, pempek tahu, pempek adaan, pempek pistel, pempek udang, pempek belah, pempek panggang, hingga pempek lenggang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)