Pasukan Filipina Bentrok dengan Militan Pro ISIS, Enam Terluka

Sabtu, 20 Januari 2018 - 23:32 WIB
Pasukan Filipina Bentrok dengan Militan Pro ISIS, Enam Terluka
Pasukan Filipina Bentrok dengan Militan Pro ISIS, Enam Terluka
A A A
MANILA - Pasukan Filipina terlibat bentrok sebentar dengan militan pro ISIS di wilayah selatan yang bergejolak. Ini adalah bentrokan pertama sejak Manila mampu merebut kembali kota Marawi dalam pertempuran terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Juru bicara Angkatan Darat Mayor Ronald Suscano mengatakan enam tentara terluka dalam bentrokan tersebut.

"Bentrokan tersebut meletus setelah pasukan pemerintah bertemu dengan sekitar 10 anggota kelompok Maute di sebuah distrik di Lanao del Sur, sebuah kubu kelompok pemberontak, yang telah berjanji untuk setia ke Negara Islam (ISIS)," kata Suscano dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (20/1/2018).

Militer pada bulan Oktober mengumumkan kemenangan atas kelompok Maute, yang menguasai kota Marawi di selatan pada tanggal 23 Mei, setelah membunuh militan yang tersisa, termasuk beberapa pejuang asing.

Lebih dari 1.100 orang, termasuk 165 tentara, tewas dalam konflik selama lima bulan tersebut.

Pengepungan Marawi, krisis keamanan terbesar di negara itu selama bertahun-tahun, telah memicu kekhawatiran yang lebih luas bahwa loyalis ISIS telah belajar bagaimana berkembang di daerah-daerah Muslim yang miskin di pulau Mindanao dan menggunakan hutan serta gunung-gunungnya sebagai pos untuk memulai serangan.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah memperpanjang darurat militer untuk tahun ini di Mindanao, sebuah pulau yang disebutnya sebagai "hot spot permasalahan" dan kekejaman oleh pemberontak Islamis serta komunis.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4341 seconds (0.1#10.140)