China Bersiap Hadapi Krisis Korut: Pasukan, Kamera, Radiasi

Jum'at, 19 Januari 2018 - 23:24 WIB
China Bersiap Hadapi Krisis Korut: Pasukan, Kamera, Radiasi
China Bersiap Hadapi Krisis Korut: Pasukan, Kamera, Radiasi
A A A
BEIJING - China telah meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasannya dengan Korea Utara (Korut). Beijing memasang kamera pengawas baru, menggelar pasukan keamanan ekstra dan mengoperasikan detektor radiasi saat bersiap menghadapi krisis potensial.

Retorika perang antara Washington dan Pyongyang telah menimbulkan kekhawatiran di China akan sebuah konflik yang bisa mengirim jutaan pengungsi Korut melintasi perbatasan 1.420 kilometer, dan dampak nuklir yang bisa melanda kota-kota di China.

Sementara pihak berwenang masih-masih malu-malu menunjukkan persiapan, warga melihat adanya peningkatan patroli di sepanjang perbatasan.

Monitor radiasi berjalan di kota-kota perbatasan, dan penduduk setempat mengatakan bahwa interaksi dengan warga Korut telah berkurang.

Sebuah spanduk merah menempel di pagar perbatasan di Dandong - sebuah pusat perdagangan utama yang dipisahkan oleh Sungai Yalu dengan Korut - memiliki pesan seperti Perang Dingin kepada penduduk:

"Warga atau organisasi yang melihat kegiatan mata-mata harus segera melaporkannya ke organ keamanan nasional."

Di luar Dandong, pos pemeriksaan baru menunjukkan jalan yang membentang di sepanjang Sungai Yalu. Penduduk setempat mengatakan bahwa mereka dipasang pada bulan Oktober.

"Sebelumnya, Korea Utara datang ke pihak kita untuk memancing, sekarang mereka tidak berani," kata Zhang Fuquan di peternakan ikan di sisi Cina Sungai Yalu.

"Patroli tentara dan penjaga," imbuhnya seperti dikutip dari AFP, Jumat (19/1/2018).

Di tepi yang berlawanan, tentara Korut mengintip dari menara pengawas berwarna biru hijau dan setidaknya satu pesawat tempur mengintai wilayah tersebut dari atas.

Para ahli mengatakan pesawat tersebut adalah sebuah pesawat pembom ringan Ilyushin Il-28 era Stalin atau tiruan dari China.

"Korea Utara kemungkinan besar akan melakukan patroli di sepanjang Yalu," kata Rick Fisher, seorang rekan di Pusat Penilaian dan Strategi Internasional, sebuah kelompok pemikir yang berbasis di AS.

"Mereka ingin melihat apa yang mereka bisa di pihak China dan dengan sengaja meningkatkan alarm Beijing," imbuhnya.

Hubungan antara China dan Korut telah memburuk saat Beijing mendukung serangkaian sanksi PBB untuk menghukum sekutunya yang tertutup atas uji coba rudal dan nuklirnya yang berulang.

Dalam pertemuan yang sebelumnya tidak terpikirkan, para diplomat dan pejabat militer AS mengatakan kepada rekan-rekan mereka di China tahun lalu tentang rencana AS untuk mengirim pasukan ke Korut dan mengamankan senjata nuklirnya jika rezim tersebut jatuh.

"Hubungan China-Korut memiliki beberapa masalah saat ini," kata Yang Xiyu, seorang mantan perunding China mengenai masalah nuklir Pyongyang.

"Ini telah membawa situasi sulit saat ini dalam hubungan ini," imbuhnya.

Di bendungan pembangkit listrik tenaga air Sup'ung yang sangat besar, yang memberi kekuatan bagi China dan Korea Utara, kamera pengawas memantau Sungai Yalu.

"Perbatasannya dikontrol dengan ketat sekarang," kata Yin Guoxie, 75 tahun, yang pensiun dari pekerjaan seumur hidup di bendungan.

Yin mengatakan bahwa orang Korea Utara biasa tidak diizinkan untuk memiliki kapal, meminimalkan jumlah yang mencoba untuk menyeberang.

"Jika mereka datang ke sini, kami akan menangkap mereka dan mengirim mereka kembali," tambahnya.

Lebih jauh ke utara di Longjing, di mana Sungai Tumen membeku di musim dingin, desa-desa telah membentuk unit perlindungan perbatasan dan kader telah mengajarkan pembelaan diri kepada penduduk. Departemen propaganda setempat mengatakan tahun lalu bahwa ratusan kamera dipasang untuk membangun "sistem pengawasan perbatasan generasi kedua".

Langkah tersebut mengurangi jumlah pembelot Korut yang mencapai Seoul melalui jalur darat melalui China ke Asia Tenggara. Kurang dari 100 warga Korut dalam satu bulan mencapai Korea Selatan tahun lalu - jumlah terendah dalam 15 tahun - menurut kementerian unifikasi Seoul.

Lima dari enam tes nuklir Pyongyang telah dilakukan di bawah Gunung Mantap di Punggye-ri, sekitar 80 kilometer dari perbatasan dengan China timur laut, di mana warga merasakan gempa yang menyertainya.

Beberapa ilmuwan China dan asing khawatir bahwa puncak setinggi 2.200 meter menderita "sindrom gunung lelah" dan bisa runtuh dari uji coba nuklir lebih lanjut.

Takut akan radiasi akibat sebuah tes, kecelakaan atau perang nuklir yang menyebar ke wilayah perbatasan China berjalan tinggi.

Setelah uji coba nuklir keenam Pyongyang pada bulan September, Kementerian Perlindungan Lingkungan China melakukan pemantauan radiasi darurat, walaupun tidak ada kondisi abnormal yang ditemukan.

Di persimpangan perbatasan Dandong, pihak berwenang minggu lalu memeriksa untuk memastikan peralatan pemantauan dan perlindungan radiasi nuklir mereka bekerja dengan baik.

Lebih jauh lagi, di desa Lagushao, sebuah stasiun pemantauan radiasi lingkungan otomatis ditempatkan di dalam sebuah gubuk.

Guo Qiuju, seorang profesor di Universitas Peking, mengatakan bahwa stasiun tersebut mampu mendeteksi radiasi yang melintasi perbatasan.

"Jika stasiun pemantauan menunjukkan ketidaknormalan, kami akan segera mengingatkan warga," kata Guo.

Stasiun Lagushao tidak terdaftar di jaringan online Kementerian Lingkungan Hidup, menunjukkan bahwa ini mungkin baru. Kementerian tersebut tidak segera menanggapi pertanyaan lewat fax untuk komentar.

Bulan lalu, sebuah surat kabar negara bagian di provinsi perbatasan Jilin menerbitkan sebuah pengumuman bergambar lengkap yang merinci bagaimana menanggapi jika terjadi serangan nuklir atau bencana.

"Jika ada sungai, danau atau kolam di dekat Anda, lompatlah untuk melindungi diri Anda sendiri," bacanya.

"Setelah itu, siram lubang hidung Anda, bilas mulut Anda, dan bersihkan saluran telinga Anda," demikian pengumuman itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3686 seconds (0.1#10.140)