Strategi Pertahanan Trump Kembali ke Perang Dingin

Jum'at, 19 Januari 2018 - 22:54 WIB
Strategi Pertahanan Trump Kembali ke Perang Dingin
Strategi Pertahanan Trump Kembali ke Perang Dingin
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memperkuat Pentagon untuk kompetisi strategis jangka panjang dengan kekuatan utama dunia yang menempatkan militer AS dalam sebuah pijakan Perang Dingin dengan Rusia dan China di masa yang akan datang. Demikian yang dikatakan oleh pemerintah AS.

Strategi Pertahanan Nasional mengarahkan pemerintah AS untuk terlibat dalam pembangunan mliter multi-tahun yang melibatkan lebih banyak tentara, lebih banyak senjata dan aliansi asing yang lebih kuat. Rencananya strategi ini akan diluncurkan oleh Menteri Pertahanan James Mattis di John Hopkins School of Advanced International Studies di Washington

Dokumen awal dokumen tersebut, yang berfungsi sebagai peta jalan untuk keamanan global, mengatakan China dan Rusia bertujuan untuk meningkatkan hirarki global yang telah AS hadapi sejak Perang Dunia II. Strategi tersebut berfungsi sebagai tanda terbaru bahwa Pemerintah ingin berpaling dari rawa kekerasan dan operasi kontra-terorisme di Timur Tengah untuk mengintensifkan kompetisi kekuatan besar di belahan barat dan timur.

Strategi ini kembali ke era Perang Dingin dimana AS dan Soviet memproyeksikan kekuasaan dan kekuatan militer di seluruh dunia. Dua versi strategi disusun: satu rahasia, satu publik. Versi yang dirilis ke publik sebanyak 11 halaman dan mendokumentasikan berbagai kebutuhan militer untuk tahun-tahun mendatang, melibatkan segala sesuatu mulai dari senjata nuklir hingga kemampuan maya hingga strategi perang. Pesan itu sudah biasa bagi Pemerintahan Trump: militer membutuhkan dana dan perhatian tambahan untuk militer dalam hal yang menggelikan.

"Meskipun strategi ini memerlukan investasi berkelanjutan oleh rakyat Amerika, kita mengingat generasi masa lalu yang membuat pengorbanan yang lebih keras sehingga kita bisa menikmati cara hidup kita hari ini," Mattis menulis di akhir dokumen tersebut seperti dikutip dari laman Time, Jumat (19/1/2018).

Sementara sebagian besar strategi berfokus pada Rusia dan China, tantangan lain bagi AS adalah untuk mengatasi "rezim nakal," seperti Iran dan Korea Utara (Korut), dan "aktor non-negara," yang merupakan jargon militer untuk kelompok militan.

"Amerika adalah target, entah dari teroris yang berusaha menyerang warga kita; aktivitas siber jahat terhadap infrastruktur pribadi, komersial, atau pemerintah; atau subversi politik dan informasi," kata dokumen tersebut.

"Mengambil ancaman semacam itu hanya bisa dilakukan melalui investasi teknologi senjata dan intelijen, serta kemitraan dan diplomasi," imbuh dokumen tersebut, tanpa mengakui rencana untuk mengimbangi rencana tersebut untuk memotong sekitar 30% anggaran Departemen Luar Negeri.

Wakil Asisten Menteri Pertahanan untuk strategi dan pengembangan kekuatan, Elbridge Colby, mengatakan bahwa Rusia dan China telah membentuk aliansi baru dan memperluas kehadiran militer mereka ke penjuru dunia baru.

"Strategi ini merupakan perubahan mendasar," katanya.

"Strategi ini mengatakan bahwa fokusnya adalah memprioritaskan kesiapan untuk berperang dan terutama perang kekuasaan utama," jelasnya.

Memposisikan militer AS di dunia pasca 11/9 untuk fokus pada tantangan di luar Timur Tengah bukanlah gagasan baru. Presiden Barack Obama menghabiskan seluruh upaya kepresidenan untuk mengekstrak militer AS dari Irak dan Afghanistan serta ke Asia dan Pasifik. Ia meninggalkan jabatannya dengan situasi militer yang memerangi kelompok-kelompok teror di Yaman, Somalia, Libya, Pakistan, serta Irak dan Afghanistan.

Strategi Pertahanan Nasional adalah, dalam banyak hal, mengulangi tema-tema Trump yang digariskan pada bulan Desember dengan strategi keamanan nasional pertamanya yang menyampaikan pesan yang mencerminkan pandangan dunia "American first" -nya.

Pemerintahan sebelumnya juga merilis strategi pertahanan nasional setiap empat tahun dalam dokumen kebijakan panjang yang dikenal sebagai Review Pertahanan Quadrennial (QDR) yang diamanatkan kepada kongres. Yang terakhir dirilis pada tahun 2014. Kongres menelan ide tersebut tahun lalu dengan mengatakan QDR telah menjadi jendela yang disiram turun ke dalam kebijakan Pentagon. Kebijakan ini digantikan oleh Strategi Pertahanan Nasional yang diproduksi oleh Sekretaris Pertahanan dan Strategi Militer Nasional, yang diproduksi oleh ketua Joint Chiefs.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3657 seconds (0.1#10.140)