Menhan Serahkan 5 Unit Pesawat NC-212i ke TNI AU

Selasa, 12 Desember 2023 - 11:43 WIB
loading...
Menhan Serahkan 5 Unit Pesawat NC-212i ke TNI AU
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan lima dari sembilan unit pesawat NC-212i yang dipesan untuk TNI Angkatan Udara (AU) di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (12/12/2023). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan lima dari sembilan unit pesawat NC-212i yang dipesan untuk TNI Angkatan Udara ( TNI AU ) di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (12/12/2023). Pesawat angkut ringan serbaguna ini selanjutnya akan memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

"Kita merasa bangga pada pagi hari ini kita bisa menyaksikan penyerahan pesawat terbang NC-212i kepada TNI AU," kata Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (12/12/2023).

"Pengadaan sesungguhnya sembilan unit, dan 4 unit lagi sedang dikerjakan dan akan diserahkan pada waktu yang akan datang," ujarnya.



Pengadaan pesawat NC-212i untuk mendukung kegiatan operasional TNI, baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Pengadaan Pesawat NC-212i juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memajukan industri pertahanan dalam negeri, karena sepenuhnya dibuat anak bangsa di PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Pesawat NC-212i dapat digunakan dengan berbagai konfigurasi, antara lain sebagai pengangkut pasukan, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara.

Dengan design dan proses perawatan yang sederhana menjadikan pesawat ini efisien dalam biaya operasional maupun perawatan. Tak mengherankan jika pesawat ini dianggap pesawat terbaik di segmen pesawat angkut ringan.



Adapun keunggulan pesawat NC-212i adalah pesawat menggunakan sistem avionik generasi terbaru guna meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi beban kerja crew pesawat; memiliki kapasitas muatan 28 penumpang, payload terbesar di kelasnya yaitu 3 ton; kabin terluas di kelasnya dengan volume kabin 22 m3; dilengkapi dengan ramp door untuk mempermudah loading dan unloading; serta memiliki kemampuan take off landing di runway yang tidak beraspal.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)