alexametrics

Trump Sangkal Kedutaan AS Dipindahkan ke Yerusalem dalam Waktu Satu Tahun

loading...
Trump Sangkal Kedutaan AS Dipindahkan ke Yerusalem dalam Waktu Satu Tahun
Presiden AS Donald Trump membantah jika pemindahan kedutaan Amerika ke Yerusalem akan berlangsung dalam waktu satu tahun. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyangkal rencana relokasi kedutaan AS di Israel ke Yerusalem akan berlangsung dalam waktu satu tahun. Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperkirakan langkah kontroversial itu akan memakan waktu satu tahun.

"Penilaian pasti saya adalah bahwa hal itu akan berjalan lebih cepat dari perkiraan Anda - dalam waktu satu tahun dari sekarang," kata Netanyahu, menurut wartawan Israel yang bepergian bersamanya dalam perjalanan ke India.

Ditanya tentang pernyataan Netanyahu, Trump mengatakan kepada Reuters, Kamis (18/1/2018) dalam sebuah wawancara menyangkal hal tersebut.

"Menjelang akhir tahun? Kita berbicara tentang skenario yang berbeda - maksud saya jelas itu akan bersifat sementara. Kami tidak benar-benar melihat itu. Itu tidak," sangkal Trump.

Membalikkan kebijakan AS selama beberapa dekade, Trump pada awal Desember mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan menggerakkan proses perpindahan kedutaan dari Tel Aviv. Keputusan Trump ini membahayakan upaya perdamaian Timur Tengah dan mengganggu dunia Arab dan sekutu Barat.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bulan lalu bahwa pemindahaan kedutaan tersebut mungkin tidak lebih dari tiga tahun ke depan, dan ini cukup ambisius, sebuah kerangka waktu yang oleh pejabat administrasi dikaitkan dengan logistik untuk menemukan dan mengamankan sebuah situs serta mengatur perumahan untuk diplomat.

Yerusalem adalah rumah bagi tempat-tempat suci bagi agama-agama Muslim, Yahudi dan Kristen. Orang-orang Palestina menginginkan Yerusalem Timur, yang direbut Israel dalam perang Arab-Israel 1967 dan dicaplok dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional, sebagai ibukota negara masa depan mereka.

Trump - yang keputusannya mengenai tindakan kedutaan tersebut memenuhi janji kampanye - berjanji bahwa kedutaan itu akan menjadi sebuah kedutaan yang indah namun tidak seharga USD1,2 miliar. Hal itu mengacu pada apa yang ia katakan sebagai biaya kedutaan AS yang baru di London.

Trump pekan lalu membatalkan sebuah perjalanan ke London untuk membuka misi diplomatik baru tersebut, menyalahkan pendahulunya Barack Obama karena menjual yang kedutaan lama untuk "kacang" dalam kesepakatan yang buruk.

Ia mengakui bahwa langkah kedutaan di Inggris disepakati di bawah mantan Presiden George W.Bush namun mengatakan bahwa hal itu dibangun di bawah Obama dan menghasilkan anggaran yang luar biasa.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak