Deklarasikan Kemerdekaannya, New California Ingin Jadi Negara Bagian ke-51 AS

Rabu, 17 Januari 2018 - 22:41 WIB
Deklarasikan Kemerdekaannya, New California Ingin Jadi Negara Bagian ke-51 AS
Deklarasikan Kemerdekaannya, New California Ingin Jadi Negara Bagian ke-51 AS
A A A
WASHINGTON - Pendiri New California telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari negara bagian lain Amerika Serikat (AS). Mereka ingin melepaskan diri dari daerah pesisir San Francisco dan Los Angeles untuk menjadi negara ke-51 Amerika.

Pada hari Kamis, pejabat yang mempelopori apa yang disebut kampanye 'Cali-exit' mengambil langkah yang tidak biasa untuk negara New California yang independen.

"Keadaan California sekarang telah diatur oleh tirani," ujar seorang juru bicara seperti dikutip dari Metro, Rabu (17/1/2018).

"Oleh karena itu tanggung jawab, tugas orang-orang yang menderita dari rangkaian panjang pelecehan dan perampasan yang lama di tangan pemerintah tirani adalah untuk menghapuskan dan membuat Pemerintahan Baru oleh rakyat dan untuk orang-orang di bawah tuhan," sambung juru bicara itu.

Meski begitu, deklarasi kemerdekaan itu dianggap terlalu dini. Pasalnya, pemisahan semacam itu harus dipilih dan disetujui oleh Kongres dan saat ini Kongres bahkan belum membahasnya. Singkatnya, kemerdekaan adalah sebuah tembakan jangka panjang.

Seorang pejabat lantas mengutip Pasal IV Bagian 3 dari konstitusi AS: Negara-negara baru dapat diterima oleh Kongres ke dalam Serikat ini; namun tidak ada negara baru yang dibentuk atau didirikan di dalam Yurisdiksi negara lain; atau keadaan apapun dibentuk oleh persimpangan dua atau lebih negara bagian, atau bagian dari negara bagian, tanpa persetujuan dari legislatif negara bagian yang bersangkutan dan juga Kongres.

Mereka juga menunjuk pada Deklarasi Kemerdekaan AS. Bagian dari itu menyatakan: Bahwa, bilamana bentuk pemerintahan merusak tujuan ini, adalah hak rakyat untuk mengubah atau menghapusnya, dan untuk membentuk pemerintahan baru, meletakkan landasannya pada prinsip-prinsip tersebut dan mengatur kekuasaannya di dalam bentuk seperti itu, bagi mereka sepertinya akan mempengaruhi keselamatan dan kebahagiaan mereka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3106 seconds (0.1#10.140)