Meskipun Perang 1 Dekade, Iran Klaim Israel dan AS Tidak Akan Mampu Hancurkan Hamas

Selasa, 12 Desember 2023 - 07:20 WIB
loading...
Meskipun Perang 1 Dekade, Iran Klaim Israel dan AS Tidak Akan Mampu Hancurkan Hamas
Hamas tidak bisa dikalahkan AS dan ISrael meskipun perang berlangsung selama 1 dekade. Foto/Reuters
A A A
DOHA - Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian memperingatkan Israel dan AS bahwa mereka tidak akan pernah mampu mewujudkan tujuan mereka untuk memusnahkan Hamas bahkan jika mereka menghabiskan satu dekade untuk melawan gerakan perlawanan Palestina.

“Baik Israel maupun AS, bahkan jika mereka menghabiskan 10 tahun lagi di Gaza, tidak akan mampu melenyapkan Hamas,” kata Amir-Abdollahian saat berpidato di Forum Doha di Qatar pada Senin (11/12/2023).

Amir-Abdollahian menambahkan bahwa salah jika berasumsi bahwa operasi militer Hamas, yang dimulai pada 7 Oktober, memicu serangan Israel di Gaza karena ini merupakan kelanjutan dari agresi Zionis selama 75 tahun terhadap Palestina.

Jelas bahwa pertempuran telah meluas ke front Lebanon dan Yaman, tegasnya, mengacu pada operasi yang dilakukan oleh militer Yaman dan gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon sebagai pembalasan atas pembantaian Israel di Gaza.

Israel mengobarkan perang di Gaza setelah kelompok perlawanan Hamas Palestina melakukan Operasi Badai Al-Aqsa terhadap entitas pendudukan sebagai pembalasan atas kekejaman rezim yang semakin intensif terhadap rakyat Palestina.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, jumlah korban tewas warga Palestina yang terbunuh sejak dimulainya agresi brutal Israel telah meningkat menjadi 18.205 orang, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, sementara lebih dari 49.645 orang terluka.

Ribuan lainnya juga hilang dan diperkirakan tewas di bawah reruntuhan di Gaza, yang berada di bawah “pengepungan total” oleh Israel.

Di bagian lain pidatonya, Amir-Abdollahian sekali lagi menegaskan penolakan Iran terhadap apa yang disebut solusi dua negara terhadap masalah Palestina, dengan mengatakan bahwa hal itu tidak akan membantu menyelesaikan konflik.



“Israel telah menduduki tanah Palestina dan kami yakin solusi dua negara tidak akan membantu menyelesaikan masalah Palestina. Di tanah Palestina, hanya pemerintahan Palestina yang boleh dibentuk berdasarkan referendum,” kata Amir-Abdollahian. Dia menekankan bahwa referendum semacam itu harus diadakan dengan partisipasi penduduk asli Palestina, termasuk orang-orang Yahudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)