Dalam Setahun, Rumania 2 Kali Ganti Pemimpin Negara

Selasa, 16 Januari 2018 - 15:14 WIB
Dalam Setahun, Rumania 2 Kali Ganti Pemimpin Negara
Dalam Setahun, Rumania 2 Kali Ganti Pemimpin Negara
A A A
BUCHAREST - Rumania mungkin akan memegang rekor sebagai salah satu negara yang paling sering mengganti kepala negaranya di era modern. Pasalnya, dalam tujuh bulan terakhir Rumania sudah dua kali mengganti Perdana Menterinya.

Melansir Sputnik pada Selasa (16/1), Perdana Menteri Rumania, Mihai Tudose dilaporkan telah menggundurkan diri beberapa waktu lalu, setelah tujuh bulan menjabat sebagai kepala negara di Eropa Timur itu.

Tudose memutuskan mundur sebagai pemimpin Rumania, setelah dia kehilangan dukungan dari partai politiknya sendiri. Perebutan kekuasaan yang terus berlanjut di dalam partai Sosial Demokrat Rumania juga membuat pendahulu Tudose, Sorin Grindeanu, menyerahkan jabatannya pada bulan Juni tahun lalu.

Tuduhan tentang kecurangan dalam pemilihan umum dan bentuk korupsi lainnya telah membuat partai tersebut kehilangan kepercayaan dari publik Rumania.

Aksi demonstrasi di Bucharest dan kota-kota lain terhadap reformasi sistem peradilan yang kontroversial telah terjadi bersamaan dengan konflik publik antara politisi dan jaksa anti-korupsi.

Rumania adalah salah satu negara anggota Uni Eropa yang paling miskin, namun dua tahun terakhir ekonomi mereka mulai membaik, dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 5,5 persen pada 2018.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3726 seconds (0.1#10.140)