7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Senin, 11 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel
Hamas memiliki banyak senjata yang digunakan dalam berperang melawan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Roket buatan sendiri. AK-47 yang dimodifikasi. Senapan mesin Soviet berusia puluhan tahun. Senjata-senjata murah, bekas, dan curian merupakan persenjataan darurat Hamas yang memicu serangan multi-cabang yang menghancurkan terhadap Israel selama akhir pekan.

CNN menganalisis lusinan foto dan video militan Hamas selama serangan mendadak tersebut untuk mengidentifikasi senjata yang digunakan untuk membunuh sedikitnya 1.200 orang di Israel. Banyak dari senjata tersebut tampaknya merupakan senjata api buatan Rusia atau Tiongkok, yang diduga tertinggal di medan perang pada beberapa dekade yang lalu dan akhirnya jatuh ke tangan teroris Hamas, kata para ahli.

Seorang ahli menggambarkan bagaimana serangan yang direncanakan secara rumit, di mana teroris Hamas menyusup ke Israel melalui darat, laut dan udara, mencerminkan perubahan dalam strategi militer Hamas secara keseluruhan. Yang lain percaya bahwa senjata api tertentu kemungkinan besar dipasok dari Iran, yang menurut Departemen Luar Negeri AS mendukung kelompok teroris tersebut dengan uang, peralatan militer, dan pelatihan.

Hamas beroperasi di Gaza, sebuah wilayah pesisir Mediterania yang berbatasan dengan Israel dan Mesir, yang telah terputus dari seluruh dunia sejak tahun 2007 ketika Hamas menguasai wilayah tersebut, sehingga mendorong Israel dan Mesir untuk menerapkan blokade terhadap wilayah tersebut.

Meskipun senjata yang mereka miliki jauh lebih canggih dibandingkan standar Israel – militer negara tersebut memiliki akses terhadap beberapa peralatan terbaik yang bisa disediakan oleh AS – namun dampaknya menimbulkan tingkat kehancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Itu adalah senjata pemusnah massal di mata saya,” kata Purnawirawan Mayor Angkatan Darat AS Mike Lyons, mengacu pada rudal permukaan-ke-udara portabel yang dapat dilihat setidaknya dalam satu video yang diulas oleh CNN. Namun para pejuang Hamas tidak membutuhkan peralatan canggih untuk bisa mematikan, kata Lyons. “Mereka hanya perlu menciptakan teror.”

7Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

1. Senjata Mesin

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Gambar yang dianalisis oleh CNN menunjukkan DShK buatan Soviet, senapan mesin kaliber 50, dimodifikasi dan dipasang pada mobil pikap.

Senjata tersebut biasanya membutuhkan dua orang – satu untuk mengisi senjata dengan peluru dan satu lagi untuk menembak, kata Lyons. Namun dia menduga senjata ini telah diubah sehingga lebih mudah dioperasikan oleh satu pesawat tempur.

“Seseorang bisa duduk, meletakkan tangannya di pelatuk dan menembak dengan satu tangan dan melakukan sesuatu dengan tangan lainnya,” kata Lyons. “Hal-hal ini mendatangkan malapetaka.”

Senjata-senjata tersebut, yang dirancang untuk menembus kendaraan dan pesawat militer, sering digunakan oleh militer profesional. Mereka biasanya dipasang pada tripod atau kendaraan lapis baja dan digunakan sebagai senjata pertahanan dalam pertempuran.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)