alexa snippet

Warga Gaza Minta PLO Ambil Tindakan 'Menentukan' Soal Nasib Palestina

Warga Gaza Minta PLO Ambil Tindakan Menentukan Soal Nasib Palestina
Sejumlah warga Palestina menggelar unjuk rasa di Gaza untuk menuntut PLO agar mengambil keputusan yang menentukan terkait masa depan Palestina. Foto/Istimewa
A+ A-
RAMALLAH - Sejumlah warga Palestina menggelar unjuk rasa di Kota Gaza untuk menuntut payung Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) agar mengambil keputusan yang "menentukan" terkait masa depan Palestina.

Unjuk rasa ini digelar jelang pertemuan Dewan Pusat PLO di kota Ramallah, Tepi Barat, untuk membahas langkah-langkah yang akan diambil terhadap keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Para pengunjuk rasa melambaikan spanduk yang meminta peserta pertemuan hari Minggu untuk memecahkan pengepungan Israel selama satu dekade di Jalur Gaza dan membatalkan kesepakatan perdamaian Oslo 1993 dengan Israel.

"Orang-orang Palestina bercita-cita untuk mengambil keputusan yang menentukan yang membantu meningkatkan keteguhan mereka," kata Sufian Matar, seorang anggota Front Pembebasan Palestina, mengatakan pada demonstrasi tersebut.

Seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (14/1), ia kemudian meminta penyusunan "platform nasional" baru dengan maksud untuk membatasi PLO. "Dewan Pusat PLO harus mengambil keputusan yang menentukan untuk mengakhiri penderitaan rakyat Gaza," katanya.

PLO adalah kelompok payung yang mencakup sebagian besar faksi politik utama Palestina, kecuali Hamas dan Jihad Islam, yang keduanya berkomitmen terhadap sebuah kebijakan perlawanan bersenjata terhadap pendudukan Israel selama beberapa dekade.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top