alexametrics

Setelah Sepekan Membara, Kapal Tanker Iran Akhirnya Tenggelam

loading...
Setelah Sepekan Membara, Kapal Tanker Iran Akhirnya Tenggelam
Kapal tanker minyak Iran yang bertabrakan dengan kapal barang di Laut China Timur dilaporkan tenggelam, setelah lebih dari sepekan terbakar di tengah laut. Foto/Reuters
A+ A-
BEIJING - Kapal tanker minyak Iran yang bertabrakan dengan kapal barang di Laut China Timur dilaporkan tenggelam, setelah lebih dari sepekan terbakar di tengah laut. Kapal itu mengalami kecelakaan pada 6 Januari lalu.

Menurut laporan media China, seperti dilansir Reuters pada Minggu (14/1), kapal tanker itu sudah mulai tenggelam sejak Minggu siang, dan tenggelam sepenuhnya pada Minggu sore waktu setempat.

"Saat ini sudah tenggelam," bunyi laporan media China, CCTV, mengutip pusat pencarian dan penyelamatan maritim Shanghai, sembari menunjukkan video menara asap hitam mengepul dan nyala api di permukaan air. 

Sementara itu, menurut Administrasi Oseanik Negara China, karena lambung kapal telah diledakkan, sejumlah besar minyak yang tumpah di sekitar perairan terbaka telah terbakar.

Meski demikian, Administrasi Oseanik Negara China tetap akan memperluas cakupan pemantauannya dan dengan cepat memetakan penyebaran dan hanyutnya minyak yang meluap dari kapal yang rusak itu.

Kapal tanker Sanchi (IMO: 9356608), yang dijalankan oleh operator pelayaran minyak Iran, National Iranian Tanker Co, bertabrakan pada 6 Januari dengan CF Crystal (IMO: 9497050), membawa gandum dari Amerika Serikat, sekitar 160 mil laut (300 km) lepas pantai China dekat Shanghai.

Sanchi membawa 136.000 ton kondensat, minyak mentah ultra-ringan yang sangat mudah terbakar dan ke Korea Selatan (Korsel), setara dengan sekitar 1 juta barel dan bernilai sekitar USD60 juta.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak