Hati-hati! Banyaknya Peminum Khamr Tanda Kiamat Sudah Dekat

Minggu, 10 Desember 2023 - 21:31 WIB
loading...
Hati-hati! Banyaknya Peminum Khamr Tanda Kiamat Sudah Dekat
Banyaknya peminum khamar di akhir zaman disebut sebagai salah satu tanda-tanda kecil Kiamat. Foto/ist
A A A
Nabi Muhammad ﷺ mengabarkan dalam Hadis Nubuwah bahwa di antara tanda-tanda Kiamat adalah diminumnya Khamr, minuman memabukkan yang merusak akal. Khamr akan menjadi minuman favorit bagi banyak orang di akhir zaman.

Apabila hal itu terjadi maka berhati-hatilah, bisa jadi Hari Kiamat sudah dekat, Allahu A'lam! Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, beliau berkata, "Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ… (وَذَكَرَ مِنْهَا) وَيُشْرَبُ الْخَمْرُ…

Artinya: "Di antara tanda-tanda Kiamat adalah… (lalu beliau menyebutkan di antaranya), Dan diminumnya khamr)." (HR Muslim)

Dalam riwayat Al-Bukhari, Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari Kiamat adalah: diangkatnya ilmu, tersebarnya kebodohan, diminumnya khamr, dan merajalelanya perzinaan." (HR Al-Bukhari)

Apa Itu Khamr?
Khamr (khamar) berasal dari kata khamara-yakhmuru atau yakhmiru yang secara bahasa artinya tertutup, terhalang, atau tersembunyi. Minuman keras ini akan membuat seseorang kehilangan akal sehatnya dan menjadi pintu bagi setan untuk menimbulkan kekacauan, pemusuhan di antara manusia.

Nabi ﷺ menegaskan: "Semua yang bikin mabuk adalah khamr, dan semua khamr adalah haram." (HR Muslim)

Khamr memang sengaja dibuat untuk mabuk, baik yang mengandung alkohol mapupun tidak, apa pun merk-nya, dari mana pun asal-muasalnya. Apabila seseorang minum khamr, sedikit atau banyak, maka itu haram baginya. Bahkan termasuk dosa besar.

Ustaz Abu Ali Al-Banjari An-Nadwi memasukkan Hadis ini dalam bukunya buku "40 Hadits Peristiwa Akhir Zaman". Dari Abu Malik Al-Asy'ari Ra. katanya Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya akan ada sebagian dari umatku yang meminum Khamar dan mereka menamakannya dengan nama yang lain. (Mereka meminum) sambil diiringi dengan alunan musik dan suara biduanita. Allah Ta'ala akan menenggelamkan mereka ke dalam bumi (dengan gempa) dan Allah akan mengubah mereka menjadi kera atau babi." (HR Ibnu Majah)

Maksudnya, akan ada di kalangan umat saat ini meminum Khamar dan mereka mengatakan yang diminumnya itu bukan khamar. Ia hanyalah sejenis minuman yang dapat menyegarkan badan atau yang dapat menghilangkan haus.

Mereka memberi nama kepada minuman ini bukan khamar, tetapi sebenarnya ia adalah khamar yang diharamkan oleh syariat. Kemudian, menjadi kebiasaan pula, keadaan mabuk itu akan disertai dengan alunan musik dan juga nyanyian para biduanita. Rasulullah ﷺ mengatakan, golongan ini akan ditimpa gempa bumi atau tubuh mereka akan diubah menjadi bentuk kera atau babi.

Sungguh benar apa yang disabdakan beliau. Kita telah menyaksikan betapa banyak gempa bumi dan bencana di berbagai tempat di dunia. Orang-orang yang menikmati Khamr itu memang belum sampai ke tingkatan berubahnya bentuk badan mereka menjadi kera dan babi, akan tetapi cara hidup mereka sudah banyak menyerupai cara hidup kera dan babi. Na'udzubillahi min dzalik.

Banyaknya peminum khamar di kalangan umat ini disebut sebagai salah satu tanda kecil Kiamat. Perlu diketahui bahwa tanda-tanda kecil Kiamat ini merupakan rangkaian atau rentetan peristiwa menuju akhir zaman atau Kiamat besar.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)