alexa snippet

Meksiko Tegaskan Tidak Akan Pernah Membayar Tembok Perbatasan

Meksiko Tegaskan Tidak Akan Pernah Membayar Tembok Perbatasan
Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo. Foto/Istimewa
A+ A-
MEXICO CITY - Meksiko menegaskan bahwa negara itu tidak akan pernah mengeluarkan uang sepeser pun untuk membayar tembok perbatasan yang direncanakan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Hal itu dinyatakan oleh Menteri Ekonomi Meksiko setelah Trump kembali menyatakan bahwa ia akan membuat negara tetangganya itu membayar tembok penghalang tersebut.

"Presiden Meksiko (Enrique Pena Nieto) sangat jelas: Meksiko tidak akan pernah membayar untuk tembok ini," tegas Menteri Ekonomi Ildefonso Guajardo di Twitter setelah satu hari pertemuan di Washington seperti dilansir dari Reuters, Jumat (12/1/2018).

Trump mengatakan kepada Wall Street Journal dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Kamis bahwa Meksiko dapat membayar tembok tersebut, yang diharapkannya akan membendung imigrasi ilegal. Pembayaran itu dilakukan "secara tidak langsung" melalui perubahan pada Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Trump telah mengatakan bahwa dia akan menarik diri dari NAFTA jika kesepakatan tersebut tidak dapat dinegosiasi ulang untuk kepentingan AS.

Guajardo berada di Washington untuk pembicaraan minggu ini dengan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengenai modernisasi NAFTA, menurut sebuah pernyataan oleh Kementerian Ekonomi Meksiko.

Guajardo menulis di Twitter bahwa tembok perbatasan belum pernah dibahas setiap saat selama pertemuannya dengan pejabat AS, atau dalam negosiasi mengenai bagaimana mengolah NAFTA.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top