Putin Bilang Kim Jong-un Cerdik, Pemenang Krisis Semenanjung Korea

Jum'at, 12 Januari 2018 - 01:13 WIB
Putin Bilang Kim Jong-un Cerdik, Pemenang Krisis Semenanjung Korea
Putin Bilang Kim Jong-un Cerdik, Pemenang Krisis Semenanjung Korea
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin mengatakan, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un yang cerdik dan dewasa telah menjadi pemenang dalam krisis terakhir di Semenanjung Korea.

Putin yakin Pyongyang sekarang berusaha meredakan ketegangan. ”Saya yakin, Kim Jong-un sudah pasti memenangkan putaran ini,” kata Putin dalam sebuah pertemuan dengan media Rusia, hari Kamis.

Korea Utara, kata Putin, telah mencapai tujuan strategisnya. ”Dia (Kim Jong-un) memiliki rudal nuklir dan sebuah rudal dengan jarak tempuh hingga 13.000 kilometer yang dapat menjangkau hampir semua tempat di Bumi atau setidaknya wilayah musuh potensial lainnya,” ujar Putin, seperti dikutip Russia Today, Jumat (12/1/2018).

Pemimpin Kremlin itu menambahkan bahwa pemimpin Korea Utara kemungkinan akan mencari pelonggaran ketegangan di wilayah semenanjung Korea.

”Dia sudah benar-benar politisi yang cerdik dan dewasa,” puji Putin.

Baca Juga: Putin: AS Ikut Campur Urusan Negara Lain, Harusnya Ngaca

Dalam kesempatan itu, Putin mengkritik keras Amerika Serikat (AS) yang ikut campur urusan dalam negeri negara-negara lain. Kritik itu sebagai jawaban atas tuduhan Washington bahwa Rusia campur tangan urusan dalam negeri AS.

“Tidak ada negara yang mentoleransi campur tangan asing dalam urusan dalam negerinya,” kata Putin.

“Benar-benar salah, bahwa AS terus-menerus melakukan (aktivitas semacam itu) dan melakukan upaya (untuk memengaruhi situasi politik internal negara-negara lain), yang percaya bahwa itu normal,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4410 seconds (0.1#10.140)