China Dukung Kelanjutan Pembicaraan Korut-Korsel

Kamis, 11 Januari 2018 - 22:18 WIB
China Dukung Kelanjutan Pembicaraan Korut-Korsel
China Dukung Kelanjutan Pembicaraan Korut-Korsel
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa China selalu mendukung peningkatan hubungan antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut), serta rekonsiliasi dan kerja sama mereka. Jingping juga menyatakan bahwa dia sangat mendukung kelanjutan pembicaraan Korut dan Korsel.

Berbicara saat melakukan pembicaraan dengan Presiden Korsel, Moon Jae-in, Jinping mengatakan, China mendukung kedua belah pihak dalam mempromosikan dialog dan pertukaran antar-Korea untuk secara bertahap meningkatkan penyelesaian masalah Semenanjung Korea.

"Saat ini, tantangan dan peluang hidup berdampingan di Semenanjung Korea," kata Jinping seperti dilansir Xinhua pada Kamis (11/1), dan mengungkapkan harapan bahwa Olimpiade Musim Dingin PyeongChang tidak hanya akan menghasilkan peluang untuk dialog antar-Korea, namun juga membantu memperbaiki situasi di semenanjung.

Jinping kemudian mengatakan, China bersedia untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan semua pihak terkait, termasuk Korsel, untuk mengejar hasil positif dari situasi tersebut.

Sementara itu, pada giliranya Jae-in mengatakan bahwa negaranya sangat mementingkan peran penting China dalam memecahkan dilema di Semenanjung Korea, dan menghargai dukungan China untuk dialog antar-Korea dan upaya untuk mendorong penyelesaian melalui dialog dan menjaga perdamaian dan stabilitas di semenanjung.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4750 seconds (0.1#10.140)