Mantan Wakil Kepala Staf Militer Israel: Kita Tidak akan Berhasil Lenyapkan Hamas

Minggu, 10 Desember 2023 - 06:01 WIB
loading...
Mantan Wakil Kepala Staf Militer Israel: Kita Tidak akan Berhasil Lenyapkan Hamas
Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Israel, Yair Golan. Foto/X/@AFSInews
A A A
TEL AVIV - Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Israel, Yair Golan, mengutarakan pandangannya bahwa Israel tidak akan mampu melenyapkan Hamas maupun Hizbullah dalam perang di Gaza.

Dia menggambarkan Ketua Partai Persatuan Nasional Benny Gantz, dan Ketua Partai Yesh Atid Yair Lapid, sebagai “pusat ekstrem”.

Pernyataan Golan diterbitkan surat kabar Haaretz pada Jumat (8/12/2023), yang melaporkan dia berupaya mendirikan partai Zionis sayap kiri baru.

Golan mengatakan, “Kekuasaan Hamas tidak akan dihapuskan, setidaknya tidak dalam waktu dekat. Tekanan terhadap Hamas tidak akan cukup untuk menghancurkan kekuatan mereka sepenuhnya. Dan karena tidak ada drama militer yang diperkirakan terjadi di sini, kita perlu fokus pada pembebasan para tawanan, mencegah masuknya perlengkapan tempur ke Gaza dan memberikan respons terhadap kebutuhan kemanusiaan di Jalur Gaza. Hal ini tidak berarti bahwa setelah tujuan tersebut tercapai, kampanye berakhir.”

Dia menyinggung klaim tentara Israel menguasai Jalur Gaza utara, meskipun masih menghadapi perlawanan di wilayah ini.

“Dua kondisi yang menguntungkan menjadi latar belakang pencapaian di utara: evakuasi sebagian besar penduduk dan memahami sebagian besar korban penculikan sudah tidak ada lagi,” papar dia.



Golan menambahkan, “Israel mampu menghapuskan pemerintahan Hamas? Ya. Tapi apakah kita punya waktu lebih dari beberapa minggu untuk melanjutkan operasi tanpa perlawanan keras dari Amerika? Tampaknya tidak, dan kita tidak bertindak dalam ruang hampa. Kita perlu mempertahankan tekanan ofensif secara konstan. Saya akan membandingkannya dengan Operasi Perisai Pertahanan (2002, Tepi Barat), yang berlangsung selama enam pekan dan setelah itu kita terus beroperasi di Tepi Barat selama lima tahun berikutnya.”

Golan sebelumnya menyatakan Israel harus mencari penyelesaian dengan Hamas.

“Saya mengatakan sesuatu yang sangat sederhana, yaitu kita tidak bisa tetap diam. Gagasan bahwa Anda membekukan sejarah dan mengubahnya menjadi status quo abadi telah gagal. Teori manajemen konflik telah runtuh,” pungkas dia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)