Gempa Kuat di Karibia, Nihil Korban dan Tidak Timbulkan Tsunami

Rabu, 10 Januari 2018 - 16:38 WIB
Gempa Kuat di Karibia, Nihil Korban dan Tidak Timbulkan Tsunami
Gempa Kuat di Karibia, Nihil Korban dan Tidak Timbulkan Tsunami
A A A
TEGUCIGALPA - Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter yang melanda dekat pulau-pulau terpencil yang berada di Honduras dirasakan di seluruh utara Amerika Tengah. Meski begitu tidak ada laporan langsung tentang korban jiwa atau kerusakan besar.

Gempa tersebut mengguncang jendela-jendela di ibukota Honduras, Tegucigalpa, kira-kira 519 km ke timur. Getaran gempa setidaknya terasa hingga ke utara negara Meksiko Quintana Roo, namun tidak ada kerusakan yang segera dilaporkan.

Rodrigo Anaya Rodriguez sedang berada di tempat tidur gantung di dalam rumahnya di dekat lokasi wisata populer Danau Bacalar di dekat pantai Karibia Meksiko saat dia merasakan tiga getaran.

"Rasanya seperti buldoser yang melaju melewatinya. Itu tidak berlangsung lama tapi sangat kejam," katanya seperti dilansir dari Reuters, Rabu (10/1/2018).

Ia kemudian berlari ke balkonnya dan melihat tiang listrik serta kabel bergoyang.

Di Honduras, petugas pemadam kebakaran mengatakan beberapa warga di lingkungan selatan meninggalkan rumah mereka setelah merasakan getaran.

Negara ini mengoperasikan pangkalan angkatan laut kecil di Great Swan Island, sekitar 44 km sebelah barat dari pusat gempa, namun tidak segera jelas bagaimana getaran tersebut mempengaruhi stasiun tersebut.

"Kami memiliki laporan bahwa gempa dirasakan di sebagian besar negara, namun kami tidak memiliki laporan kerusakan," kata Lizandro Rosales, direktur komisi kontingensi Honduras.

Getaran gempa juga terasa di ibu kota Belize, Belize City, namun tidak ada laporan kerusakan yang segera terjadi.

Menteri Belize yang bertanggung jawab atas manajemen darurat, Edmond Castro, berbicara di radio lokal mendesak orang-orang yang tinggal di daerah pesisir yang rendah dan pulau-pulau untuk tetap waspada terhadap gelombang yang berpotensi berbahaya.

Survei Geologi Amerika Serikat (AS), USGS, mengatakan bahwa gempa tersebut, yang awalnya dilaporkan mencapai 7,8 skala Richter, berpusat di 202 km timur laut Barra Patuca di Honduras dan 307 km barat daya George Town di Kepulauan Cayman.

Gempa tersebut sangat dangkal, hanya 10 km, yang akan memperkuat efeknya.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik pada awalnya memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi 1 meter di atas permukaan air laut dapat menyerang bagian Honduras, Belize dan Puerto Riko bersama dengan Kepulauan Virgin AS dan Inggris.

Sekitar dua jam setelah gempa, pusat tersebut mengatakan bahwa ancaman tersebut telah berlalu, menarik semua peringatan tsunami yang terkait dengan gempa tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5474 seconds (0.1#10.140)