Tuntaskan COC Laut China Selatan, Indonesia Gandeng Singapura

Selasa, 09 Januari 2018 - 13:47 WIB
Tuntaskan COC Laut China Selatan, Indonesia Gandeng Singapura
Tuntaskan COC Laut China Selatan, Indonesia Gandeng Singapura
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, menuturkan Indonesia akan mencoba menggandeng Singapura, sebagai ketua ASEAN untuk mempercepat penyelesaikan Code of Conduct (CoC) di Laut China Selatan. CoC adalah dokumen antara ASEAN dan China yang mengatur "perilaku" di kawasan Laut China Selatan.

Berbicara saat Pernyataan Pers Tahunan Menteri di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Retno menyatakan Indonesia akan mendukung penuh Singapura sebagai Ketua ASEAN untuk 2018 demi memperkuat sentralitas dan persatuan ASEAN.

"Memperkuat persatuan dan sentralitas ASEAN. Indonesia akan mendukung sepenuhnya keketuaan Singapura dalam ASEAN. Indonesia akan aktif berupaya agar ASEAN dan RRT menghasilkan COC yang “practical” dan efektif demi stabilitas dan keamanan Laut China Selatan," kata Retno pada Selasa (9/1/2018).

Dalam pernyataanya, Retno juga menyatakan dia juga akan mendorong perancangan kerja sama untuk melindungi hak-hak buruh migran. Seperti diketahui, Indonesia adalah salah satu negara "eksportir" buruh migran di kawasan ASEAN, dengan mayoritas berada di Malaysia.

"Indonesia akan mendorong perancangan Rencana Aksi untuk mengimplementasikan ASEAN Consensus on the Protection and Promotion of the Rights of Migrant Workers," sambungnya.

"Meningkatnya kejahatan lintas batas di kawasan membutuhkan kerja sama hukum yang kuat antara sesama negara ASEAN. Untuk itu Indonesia akan mendorong pembentukan instrumen ekstradisi (ASEAN Extradition Treaty) di ASEAN. Memajukan kerja sama kawasan di bidang e-commerce untuk membantu UMKM meningkatkan perdagangan barang dan jasanya," ungkapnya.

Retno menambahkan, demokrasi dan penghormatan terhadap hak asasi manusia perlu terus dikembangkan oleh ASEAN. "ASEAN harus dirasakan manfaatnya oleh rakyatnya," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3321 seconds (0.1#10.140)