Jokowi Ikuti Lokasi Kampanye Ganjar, Pengamat: Sulit Dipahami Sebuah Kebetulan

Jum'at, 08 Desember 2023 - 22:06 WIB
loading...
Jokowi Ikuti Lokasi Kampanye Ganjar, Pengamat: Sulit Dipahami Sebuah Kebetulan
Presiden Jokowi saat hendak melakukan ground breaking kawasan industri pupuk di Papua Barat. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) disebut membuntuti agenda calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo . Kampanye Ganjar di wilayah Indonesia Timur, seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT), disusul kunjungan kerja Presiden Jokowi di wilayah yang sama.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam menilai, kendati berbeda hari, keberadaan Jokowi di lokasi kampanye Ganjar sulit dikatakan sebagai hal kebetulan. Hal itu dikarenakan dinamika politik yang semakin kencang, sehingga berbagai isu dan anggapan bisa muncul ke tengah publik.

"Hal begini tak terhindarkan dalam politik dan jika muncul saling curiga, menurut saya hal yang wajar, termasuk dalam konteks tadi bisa jadi sulit itu dipahami sebagai kebetulan," kata Surokim dalam keterangannya, Jumat (8/12/2023).



Di sisi lain, pihak Istana sulit tidak memiliki kepentingan dalam Pilpres 2024. Utamanya terkait dukungan terhadap paslon tertentu yang dinilai mampu melanjutkan program yang belum rampung.

"Bagaimana pun pihak Istana pasti punya kepentingan dalam kontestasi 2024, khususnya terkait siapa suksesor yang bisa menjamin program-program istana yang belum tuntas bisa dilanjutkan," katanya.

Selain itu, tidak bisa dipungkiri juga Istana akan lebih dekat dengan paslon yang ada anak Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka, cawapres Prabowo Subianto.

Surokim menerangkan kondisi saling curiga ini akan terus ada seiring tensi politik yang semakin tinggi. "Harus diakui tensi politik kian menghangat dan upaya saling mencurigai itu wajar terjadi dalam posisi begini," ujarnya.



Presiden Jokowi sebelumnya membantah membuntuti jadwal kampanye Ganjar Pranowo. Jokowi pun menegaskan bahwa jadwal kunjungan kerjanya (kunker) sudah dirancang tiga bulan sebelumnya.

"Ya ndaklah, ndak seperti itu. Jadwal untuk kunjungan presiden itu sudah dirancang tiga bulan sebelumnya dan pasti ada tujuannya," kata Jokowi usai menghadiri acara di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2023).

Jokowi mengatakan, kunjungan kerjanya di Kupang NTT adalah untuk peresmian Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi senilai Rp420 miliar. "Misalnya kemarin ke Kupang ada peresmian rumah sakit senilai Rp420 miliar. Rumah sakit yang besar sekali," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)