India: Negara Seharusnya Tidak Mendukung Terorisme

Jum'at, 05 Januari 2018 - 22:45 WIB
India: Negara Seharusnya Tidak Mendukung Terorisme
India: Negara Seharusnya Tidak Mendukung Terorisme
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj menyatakan, pihaknya sangat mengecam keras terorisme dan menegaskan bahwa seharusnya sebuah negara tidak memberikan dukungan kepada terorisme.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Jakarta pada Jumat (5/1), Swaraj menuturkan, kawasan Indo-Pasifik saat ini tengah menghadapi tantangan dan ancaman baru. Ancaman itu adalah terorisme dan kejahatan cyber.

Dia menuturkan, India dan Indonesia sepakat untuk meningkatkan kerjasama guna menghadapi ancaman kerjasama. Kerjasama itu bukan hanya sebatas pada kerjasma keamanan, tapi juga ekonomi.

"Ada konsensus bahwa penguatan Kerjasama Strategis bilateral dengan menambahkan lebih banyak kerjasama pertahanan dan keamanan dan diversifikasi hubungan ekonomi dan investasi harus menjadi komponen kunci dari strategi apapun untuk memanfaatkan potensi kawasan Indo-Pasifik dan untuk secara efektif menghadapi tantangan terorisme termasuk maritim terorisme, keamanan dan keamanan maritim, memerangi penangkapan ikan ilegal dan penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan serta pencematan laut dan degradasi lingkungan," kata Swaraj.

Dia kemudian mengatakan, India sangat mengutuk terorisme, tanpa peduli bentuknya. Swaraj lalu menyatakan, negara harusnya membantu mengatasi terorisme, dan bukan memberikan dukungan kepada mereka,

"Kami dengan tegas menentang terorisme dalam segala bentuk, terlepas dari motivasi dan asal usulnya. Kami menyatakan penolakan kuat terhadap pendekatan selektif untuk menghadapi ancaman global ini, dan meminta semua negara untuk berhenti memberikan sponsor negara atas terorisme dan tidak mendorong wilayah mereka digunakan untuk membangun tempat perlindungan teroris yang aman," ungkapnya.

Swaraj menambahkan, Indonesia sebagai salah satu negara terbesar, demokrasi yang paling beragam, dan ekonomi terbesar di kawasan Indo-Pasifik memiliki peran penting dalam evolusi arsitektur keamanan baru di wilayah Indo-Pasifik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3921 seconds (0.1#10.140)