Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:23 WIB
loading...
Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya
Jumlah korban tewas kekejaman serangan Israel di Jalur Gaza diprediksi akan terus bertambah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pasukan Israel melancarkan serangan udara dan darat yang kejam di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas yang dilakukan kelompok Hamas pada 7 Oktober lalu.

Menurut angka yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Gaza, sejak saat itu, setidaknya 16.015 warga Palestina di Jalur Gaza telah dibunuh oleh Israel.

Jumlah korban tewas diprediksi akan terus bertambah mengingat tidak ada tanda-tanda Israel akan menghentikan serangan.

Dengan hancurnya infrastruktur dasar, layanan telepon dan internet yang sering terganggu, dan sejumlah ahli statistik kesehatan terbunuh atau hilang, terdapat kekhawatiran yang semakin besar bahwa otoritas kesehatan Gaza tidak akan dapat terus menghitung jumlah korban secara akurat.

Lalu bagaimana para petugas penyelamat atau kesehatan menghitung jumlah para korban tewas di tengah serangan Israel? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (7/12/2023).

Bagaimana Jumlah Korban Jiwa Dihimpun Sejauh Ini?

Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya

Foto: Ilustrasi

Dalam enam minggu pertama perang, kamar mayat rumah sakit di seluruh Jalur Gaza mengirimkan data tersebut ke pusat pengumpulan utama kementerian kesehatan di Rumah Sakit Al Shifa. Para pejabat menggunakan lembar Excel untuk mencatat nama, usia dan nomor kartu identitas orang yang meninggal dan mengirimkannya ke Kementerian Kesehatan Palestina di Ramallah, bagian dari Otoritas Palestina (PA) yang menjalankan pemerintahan mandiri terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Namun Omar Hussein Ali, direktur pusat operasi darurat Kementerian Ramallah, mengatakan bahwa dari empat pejabat yang mengelola pusat data di RS Al Shifa, satu orang tewas dalam serangan udara yang menghantam rumah sakit sementara tiga lainnya hilang ketika pasukan Israel merebut tempat yang mereka klaim sebagai tempat persembunyian Hamas.

“Pencatatan korban yang diperlukan untuk memahami apa yang terjadi kini semakin sulit. Infrastruktur informasi, sistem kesehatan yang ada, dihancurkan secara sistematis,” kata Hamit Dardagan dari Iraq Body Count, yang dibentuk selama invasi dan pendudukan pimpinan AS di Irak.

Organisasi ini juga berusaha melacak korban di Gaza, menggunakan data Kementerian Kesehatan dan memantau media sosial serta laporan kematian di media lainnya.

Sejak gencatan senjata selama satu minggu gagal diperpanjang pada tanggal 1 Desember lalu, informasi mengenai jumlah korban yang biasanya diberikan setiap hari menjadi tidak teratur. Pembaruan terakhir dari Kementerian Kesehatan Gaza datang pada hari Senin dari juru bicara Ashraf Al-Qidra, sehingga jumlah korban tewas menjadi 15.899.

Dia tidak mengadakan konferensi pers regulernya pada hari Selasa. Dia tidak mengeluarkan pernyataan selama sekitar 48 jam, hingga Rabu malam, ketika dia mengirim pesan WhatsApp kepada wartawan yang tidak menyertakan laporan korban harian namun mengatakan Rumah Sakit Al-Ahli al-Arabi di Kota Gaza kewalahan dengan banyaknya korban dan yang terluka kehabisan darah sampai mati.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan tersebut.

Hanya dua laporan kementerian yang menambah jumlah korban tewas yang telah dikeluarkan, berdasarkan jumlah jenazah yang dibawa ke dua rumah sakit – 43 pada hari Selasa, 73 pada hari Rabu. Menteri Kesehatan Palestina Mai al-Kaila pada hari Selasa mengatakan bahwa layanan kesehatan di Gaza berada dalam kondisi “bencana”, dengan lebih dari 250 staf tewas dan setidaknya 30 orang ditangkap oleh pasukan Israel.

Apakah Jumlah Korban yang Dipublikasikan Komprehensif?

Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya

Foto: Ilustrasi

Tidak, kata para ahli kepada Reuters.

“Pemantauan kami menunjukkan bahwa jumlah yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan mungkin tidak dilaporkan karena tidak termasuk korban jiwa yang tidak mencapai rumah sakit atau mungkin hilang di bawah reruntuhan,” kata juru bicara kantor hak asasi manusia PBB.

“Ini adalah asumsi logis bahwa jumlah yang dilaporkan terlalu rendah, dan rendah,” kata Nathaniel Raymond, Direktur Eksekutif Lab Penelitian Kemanusiaan di Yale School of Public Health, yang telah meneliti jumlah kematian dalam konflik bersenjata dan bencana alam selama lebih dari 20 tahun.

Laporan Otoritas Palestina pada 26 Oktober mengatakan setidaknya 1.000 jenazah tidak dapat ditemukan atau dibawa ke kamar mayat, mengutip keluarga yang diwawancarai oleh stafnya di Gaza – "sebuah contoh yang jelas dan masuk akal tentang dampak perang terhadap pengambilan dan pelaporan data," bunyi artikel Lancet.

Jumlah jenazah yang dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan kini mencapai ribuan dan sebagian besar peralatan penggali pasukan pertahanan sipil Gaza telah hancur akibat serangan udara, kata Menteri Kesehatan al-Kaila pada hari Selasa.

Seberapa Kredibel Angka Korban Hingga Saat Ini?

Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya

Foto: Ilustrasi

Gaza sebelum perang memiliki statistik populasi yang kuat – mulai dari sensus tahun 2017 dan survei PBB baru-baru ini – dan sistem informasi kesehatan yang berfungsi lebih baik dibandingkan sebagian besar negara Timur Tengah, kata pakar kesehatan masyarakat kepada Reuters.

Oona Campbell, profesor di London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan otoritas kesehatan Palestina memiliki kredibilitas sejak lama dalam metode mereka dalam menjaga statistik dasar dan melacak kematian secara umum, tidak hanya selama masa perang.

Badan-badan PBB bergantung pada mereka.

“Kemampuan pengumpulan data Palestina profesional dan banyak staf kementerian telah dilatih di Amerika Serikat. Mereka bekerja keras untuk memastikan kebenaran statistik,” kata Raymond dari Universitas Yale.

Pada tanggal 26 Oktober, Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina menerbitkan laporan setebal 212 halaman yang memuat nama, usia, dan nomor identitas 7.028 warga Palestina yang tercatat tewas akibat serangan udara. Itu dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meragukan jumlah korban jiwa.

Campbell dan dua akademisi lainnya menganalisis data untuk laporan jurnal medis Lancet pada 26 November dan menyimpulkan bahwa tidak ada alasan yang jelas untuk meragukan validitas data tersebut.

“Kami menganggap tidak masuk akal bahwa pola (angka kematian) ini muncul dari pemalsuan data,” tulis para peneliti.

Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina belum mengeluarkan laporan rinci serupa sejak itu, yang mencerminkan memudarnya komunikasi dengan Gaza.

Apa yang Israel Katakan Terhadap Jumlah Korban?

Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya

Foto: Ilustrasi

Seorang pejabat senior Israel mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa sekitar sepertiga dari mereka yang tewas di Gaza sejauh ini adalah pejuang musuh, dan memperkirakan jumlah mereka kurang dari 10.000 tetapi lebih dari 5.000, tanpa merinci bagaimana perkiraan tersebut dicapai.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa jumlah total sekitar 15.000 orang tewas pada hari Senin yang diberikan oleh Otoritas Palestina, yang tidak merinci jumlah warga sipil dan kombatan, “kurang lebih” benar.

Kelompok hak asasi manusia dan peneliti mengatakan tingginya korban sipil disebabkan oleh penggunaan senjata berat – termasuk apa yang disebut bom “penghancur bunker” yang bertujuan menghancurkan jaringan terowongan strategis Hamas – dan serangan terhadap distrik pemukiman di mana Israel mengklaim Hamas menyembunyikan pangkalan militan, landasan peluncuran roket dan persenjataan di dalam serta di bawah blok apartemen dan rumah sakit.

Bagaimana Perbandingan Jumlah Korban Tewas antara Anak-anak dan Orang Dewasa?

Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya

Foto: Ilustrasi

Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta hukum Israel dan Palestina, mendefinisikan anak sebagai seseorang yang berusia di bawah 18 tahun.

Kementerian Kesehatan PA mengatakan pada hari Selasa bahwa sekitar 70 persen korban tewas di Gaza adalah perempuan dan anak-anak di bawah 18 tahun, namun belum merilis rincian kategori usia sejak laporannya pada tanggal 26 Oktober.

Artikel Lancet mengatakan data laporan kementerian menunjukkan bahwa 11,5 persen kematian yang tercatat antara 7-26 Oktober adalah anak-anak berusia antara 0 dan 4 tahun, 11,5 persen antara usia 5 dan 9 tahun, 10,7 persen antara usia 10-14 tahun dan 9,1 persen antara usia 15 dan 19 tahun.

Terdapat juga puncak yang jelas di antara laki-laki berusia 30-34 tahun, yang mungkin mencakup responden pertama di lokasi bom, jurnalis, dan orang-orang yang pergi mencari air dan makanan untuk keluarga mereka, kata artikel tersebut.

Mungkinkah Jumlah Korban Tewas Kini Menjadi Korban Perang?

Bagaimana Memantau Peningkatan Korban Tewas Kekejaman Israel di Jalur Gaza? Ini Penjelasannya

Foto: Ilustrasi

Fase baru serangan Israel, yang meluas ke bagian selatan Gaza mulai 1 Desember, semakin mengurangi ruang lingkup pengumpulan data jumlah korban tewas yang dapat diandalkan, kata Richard Peeperkorn, utusan Organisasi Kesehatan Dunia untuk Gaza, pada hari Selasa.

“Seperti kita ketahui biasanya kita mendapat (data) dari Kementerian Kesehatan, dan sudah beberapa hari ini lebih berdasarkan perkiraan, jauh lebih sulit bagi mereka,” ujarnya.

Para ahli mengatakan fakta bahwa hampir tidak mungkin bagi kelompok teknokrat kesehatan yang sebelumnya efisien untuk bekerja merupakan indikasi buruk lain dari dampak perang tersebut.

“Ini adalah pertanda buruk ketika Anda sampai pada suatu titik, seperti di Sudan, di mana Anda bahkan tidak memiliki catatan kematian. Hal ini menunjukkan kepada kami para pekerja bantuan bahwa ini adalah skenario terburuk,” kata Raymond dari Universitas Yale.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0749 seconds (0.1#10.140)