Hamas di Lebanon Minta Generasi Muda Palestina Jadi Pejuang Operasi Badai Al-Aqsa

Selasa, 05 Desember 2023 - 00:47 WIB
loading...
Hamas di Lebanon Minta Generasi Muda Palestina Jadi Pejuang Operasi Badai Al-Aqsa
Hamas menyerukan generasi muda ikut bergabung dalam pejuang Operasi Badai Al-Aqsa. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas di Lebanon telah mengeluarkan pernyataan yang menyerukan generasi muda Palestina untuk mendaftar dan bergabung dalam pembentukan “barisan depan Operasi Badai Al-Aqsa”, yang mengacu pada serangan 7 Oktober.

"Pejuang Operasi Badai Al-Aqsa kelanjutan dari apa yang mereka klaim telah “dicapai” dalam serangan tersebut, dan kemenangan bagi rakyat Palestina," demikian keterangan Hamas di Lebanon, dilansir BBC.

Hamas telah dilarang sebagai organisasi teroris oleh Inggris, Amerika dan Uni Eropa. Kelompok ini menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, ketika menyerang Israel selatan pada tanggal 7 Oktober dan menyandera 240 orang – beberapa di antaranya telah dibebaskan.

Sebelumnya pada pertengahan Oktober lalu, Wall Street Journal melaporkan Hamas menyerukan “mobilisasi umum” di seluruh wilayah untuk mendukung warga Palestina, khususnya mendesak kaum muda di Tepi Barat yang diduduki Israel, yang sebagian diperintah oleh Otoritas Palestina, untuk menghadapi tentara Israel.

Hal ini membuka pintu bagi protes dan kemungkinan bentrokan ketika kelompok Islam yang menguasai Jalur Gaza berupaya memperluas konflik.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan di Gaza, yang dijalankan oleh Hamas, mengumumkan bahwa 15.899 orang telah tewas di sana sejak Israel memulai kampanye militernya sebagai pembalasan atas serangan 7 Oktober.



Mereka mengatakan 349 orang telah tewas dalam serangan Israel sejak laporan terakhir mereka pada hari Minggu. Hamas mengatakan 70% korban jiwa adalah perempuan dan anak-anak.

Israel mengatakan tujuannya dalam konflik ini adalah untuk mengusir Hamas dari Jalur Gaza setelah orang-orang bersenjata Palestina melintasi perbatasan ke Israel dan membunuh 1.200 orang dan menawan 240 orang.

Lebih dari seratus sandera dibebaskan selama tujuh hari gencatan senjata sementara yang gagal pada Jumat lalu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)