Aksi Nyata Pemuda Indonesia di Ajang KTT Perubahan Iklim Global

Senin, 04 Desember 2023 - 16:02 WIB
loading...
Aksi Nyata Pemuda Indonesia di Ajang KTT Perubahan Iklim Global
Sejumlah aktivis lingkungan muda menginisiasi sesi khusus bertajuk Our Dream, Our Action di Paviliun Indonesia, Jumat (1/12/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DUBAI - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) tentang Perubahan Iklim (COP 28) saat ini tengah berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) hingga 12 Desember 2023. Di ajang ini, Paviliun Indonesia yang didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) turut aktif menggerakkan peran pemuda dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dunia.

Menteri LHK Siti Nurbaya bersama sejumlah aktivis lingkungan muda menginisiasi sesi khusus bertajuk Our Dream, Our Action di Paviliun Indonesia, Jumat (1/12/2023). ” KLHK berharap bahwa langkah-langkah seperti ini akan menjadi inspirasi bagi anak muda di seluruh dunia untuk aktif terlibat dalam solusi terhadap tantangan perubahan iklim global,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK Nunu Anugrah dalam siaran persnya, Senin (4/12/2023).

Sesi ini menampilkan empat perwakilan anak muda dari berbagai negara. Mereka ini yakni Gamma Thohir dari Indonesia, Ali Al-Shemmari dari UAE, Lara Rudar dari UAE, dan Zagy Berian dari Indonesia. Mereka membawakan peran esensial mereka dalam peralihan dari energi fosil menuju sumber energi terbarukan.

Gamma Thohir, inisiator Desa Bumi sejak usia 15 tahun telah berhasil membuka akses energi mikrohidro bagi masyarakat adat di Desa Cipta Gelar. Desa Bumi mewakili langkah maju dalam menyediakan energi terbarukan kepada masyarakat pedesaan, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Inisiatif ini telah memberikan kontribusi signifikan. Misalnya, dukungan berupa solar cell bagi Desa Liyu di Kalimantan Selatan pada 2022, serta instalasi panel surya bagi unit usaha perikanan di pesantren Miftahul Ulum, Bangkiling Raya, Kalimantan Selatan pada tahun 2023.

Pengalaman Gamma Thohir dalam menyediakan akses energi terbarukan bagi tiga desa ini menegaskan pentingnya kolaborasi lintas batas bagi anak muda dalam mempercepat peralihan ke energi terbarukan. Sebagai bukti komitmen nyata, di COP28 ini, nota kesepahaman ditandatangani antara Desa Bumi yang diwakili Gamma Thohir dengan Society of Renewable Energy (SRE) yang diwakili Zagy Berian.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)