100.000 Bangunan di Gaza Hancur karena Bom Zionis

Jum'at, 01 Desember 2023 - 01:35 WIB
loading...
100.000 Bangunan di Gaza Hancur karena Bom Zionis
Ribuan bangunan di Gaza hancur karena seangan Zionis. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Citra satelit baru yang dipesan oleh BBC mengungkapkan tingkat kehancuran di Gaza utara, sebelum dimulainya gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas.

Gambar-gambar satelit tersebut diambil Kamis lalu, tepat sebelum penghentian permusuhan diberlakukan, setelah berminggu-minggu serangan udara Israel dan pertempuran di lapangan. Analisis data satelit terpisah juga memberikan gambaran kehancuran di seluruh Gaza.

Rekaman drone dan video terverifikasi juga menunjukkan bangunan dan seluruh lingkungan menjadi puing-puing. Meskipun Gaza bagian utara telah menjadi fokus serangan darat Israel dan menanggung dampak kehancuran yang paling parah, kerusakan yang meluas meluas ke seluruh jalur tersebut.

Israel mengatakan bagian utara Gaza, yang mencakup pusat perkotaan utama Kota Gaza, adalah "pusat gravitasi Hamas", kelompok di balik serangan mematikan pada 7 Oktober terhadap Israel. Israel mengatakan kampanye pengebomannya berhasil menargetkan komandan dan pejuang Hamas dan menuduh kelompok tersebut menempatkan diri di wilayah sipil.



Analisis data satelit menunjukkan bahwa hampir 98.000 bangunan di seluruh Jalur Gaza mungkin mengalami kerusakan, dan sebagian besar terkonsentrasi di wilayah utara – seperti yang ditunjukkan pada peta di atas.

Analisis data dilakukan oleh Corey Scher dari City University of New York Graduate Center dan Jamon Van Den Hoek dari Oregon State University. Hal ini didasarkan pada perbandingan dua gambar terpisah, yang mengungkapkan perubahan ketinggian atau struktur bangunan yang menunjukkan adanya kerusakan.

Kami telah menganalisis citra satelit dari beberapa wilayah yang mengalami kerusakan parah.

Kota Beit Lahia dan Beit Hanoun di utara dan timur laut Jalur Gaza termasuk di antara kota-kota pertama yang menjadi sasaran serangan udara setelah serangan Hamas pada 7 Oktober. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyebut kawasan itu merupakan tempat persembunyian Hamas.

Sebagian Beit Lahia, yang menghadap kebun zaitun dan bukit pasir yang membentang menuju perbatasan dengan Israel, telah diratakan. Citra satelit di bawah menunjukkan sebuah area di timur laut Beit Lahia, di mana sejumlah besar bangunan kini telah hancur.

Buldoser tampaknya telah membersihkan jalan melalui puing-puing dan militer Israel telah membersihkan lahan serta mendirikan posisi pertahanan di sekitar ladang.

IDF juga menyerang kota kecil di dekatnya, Beit Hanoun, kurang dari 1,6 km (1 mil) dari perbatasan. Dikatakan 120 sasaran diserang di daerah tersebut pada hari pertama serangan udara.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)