Penjaga Keamanan Israel Terluka Ditikam Pemuda Palestina

Senin, 11 Desember 2017 - 00:59 WIB
Penjaga Keamanan Israel Terluka Ditikam Pemuda Palestina
Penjaga Keamanan Israel Terluka Ditikam Pemuda Palestina
A A A
TEL AVIV - Seorang penjaga keamanan Israel mengalami luka parah dalam serangan penikaman di Yerusalem barat. Serangan ini terjadi di tengah ketegangan di wilayah Palestina sejak keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Seorang penyerang mendekati penjaga tersebut dan menikamnya di dekat stasiun bus pusat di Yerusalem Barat sebelum melarikan diri," menurut media Israel yang disitir Middle East Monitor, Senin (11/12/2017).

Seorang juru bicara polisi mengatakan bahwa penyerang tersebut adalah seorang pria Palestina berusia 24 tahun, dan telah ditahan oleh polisi.

Harian Israel Maariv mengatakan penyerang tersebut berasal dari kota Nablus di Tepi Barat dan memegang ijin kerja di Israel.

Tidak ada reaksi dari Palestina atas serangan tersebut pada saat laporan tersebut diterbitkan.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada Rabu lalu. Ia pun akan memindahkan kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Israel merebut Yerusalem Timur dari Arab dalam perang Timur Tengah 1967. Negara Zionis ini kemudian mencaploknya, dan menyatakan seluruh kota sebagai Ibukotanya - sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional.

Warga Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka yang ingin mereka bangun di Tepi Barat yang diduduki Israel dan Jalur Gaza.

Perundingan damai Israel-Palestina telah dibekukan sejak tahun 2014, meskipun penasihat dan menantu Trump, Jared Kushner memimpin upaya Trump untuk memulai kembali usaha mereka namun sejauh ini upaya tersebut menunjukkan sedikit kemajuan.

Pembangunan permukiman di Tepi Barat Israel telah menjadi salah satu hambatan utama dalam pembicaraan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4181 seconds (0.1#10.140)