Menlu RI Lakukan Tur Bela Palestina ke Tiga Negara

Minggu, 10 Desember 2017 - 11:26 WIB
Menlu RI Lakukan Tur Bela Palestina ke Tiga Negara
Menlu RI Lakukan Tur Bela Palestina ke Tiga Negara
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi diketahui akan melakukan perjalanan maraton ke tiga negara untuk membahas mengenai masalah Yerusalem, dan menegaskan dukungan terhadap Palestina. Retno akan melakukan perjalanann ke Yordania, Tuki, dan juga Belgia.

Dalam sebuah pernyataan Retno menuturkan perjalanan yang dia lakukan adalah realisasi dari pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, yang mengatakan bahwa Indonesia akan selalu bersama Palestina

"Perjalanan ini ditujukan untuk memperkokoh perjuangan diplomasi Indonesia untuk Palestina, di Amman saya akan langsung melakukan pertemuan dengan dua Menteri Luar Negeri, yaitu Menteri Luar Negeri Palestina, dan Yordania," ucap Retno pada Minggu (10/12).

"Kemudian setelah itu saya akan mendampingi Presiden Jokowi menghadiri KTT OKI di Istanbul pada tanggal 13 Desember, dari Istanbul saya akan melanjutkan perjalanan saya ke Brussel untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Uni Eropa untuk memperkokoh dukungan negara Barat agar tidak mengikuti keputusan Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan untuk tidak memindahkan kedutaanya ke Yerusalem," sambungnya.

Seperti diketahyi Kamis lalu Presiden AS, Donald Trump membuat kegaduhan dengan mengumumkan bahwa AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Pernyataan Trump ini mendapat terntangan dari dunia internasional.

Indonesia, dan negara Islam lainnya langsung mengeluarkan kecaman keras atas pernyataan ini. Sementara itu, negara-negara Barat juga menyatakan penolakan atas keputusan Trump tersebut, dan menyatakan tidak akan mengikuti langkah yang diambil AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4427 seconds (0.1#10.140)