alexa snippet

Palestina Tak Sudi Terima Kunjungan Wapres AS Mike Pence

Palestina Tak Sudi Terima Kunjungan Wapres AS Mike Pence
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence. Foto/REUTERS
A+ A-
RAMALLAH - Seorang pejabat senior Palestina mengatakan, Wakil Presiden (wapres) Amerika Serikat (AS) Mike Pence tidak diterima di Palestina selama kunjungannya yang dijadwalkan akhir bulan ini. Penolakan ini menyusul pengakuan sepihak Presiden Donald Trump soal Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

”Kami tidak akan menerimanya di wilayah Palestina,” kata pejabat senior pemerintah Palestina dari faksi Fatah, Jibril Rajoub. Dia ikut mengecam keputusan Trump yang akan segera memindahkan Kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Keputusan kontroversial Trump telah memicu kemarahan dan protes di wilayah-wilayah Palestina yang diduduki Israel. Reaksi kemarahan juga disampaikan para pemimpin dunia.

Pence dijadwalkan akan mengunjungi Israel akhir bulan ini dan akan mengunjungi Kota Bethlehem, Palestina.

Seorang pejabat AS, yang berbicara dengan kantor berita Associated Press tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa Pence masih berencana untuk bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Trump sendiri dalam pengakuan sepihaknya soal Yerusalem mengklaim bahwa dia tetap sangat berkomitmen untuk menemukan sebuah kesepakatan damai antara Israel dan Palestina.”AS akan mendukung solusi dua negara jika disetujui oleh kedua belah pihak,” katanya.

Trump melanjutkan bahwa dia akan menginstruksikan Departemen Luar Negeri untuk memulai proses pemindahan Kedutaan Besar AS ke kota suci Yerusalem.

Namun, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menyatakan, relokasi kedutaan AS di Israel memerlukan waktu.

“Kami tidak akan melakukannya dengan cepat. Kami harus mendapatkan sebuah situs. Kami harus mengembangkan rencana pembangunan. Kami harus membangun gedung itu. Jadi, ini bukan sesuatu yang akan terjadi dalam waktu semalam,” katanya seperti dikutip Reuters, Jumat (8/12/2017).
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top