alexa snippet

Myanmar Terima Kasih pada Indonesia Telah Bantu Krisis Rohingya

Myanmar Terima Kasih pada Indonesia Telah Bantu Krisis Rohingya
Penasihat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun saat bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi. Foto/SINDOnews/Victor Maulana
A+ A-
JAKARTA - Penasihat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun memuji kontribusi Indonesia dalam membantu masalah di Rakhine. Indonesia jadi salah satu negara yang mengirimkan bantuan untuk masyarakat Rohingya yang terkena dampak operasi militer di Rakhine.

Berbicara usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) ke-10 di Serpong, Banten, U Thaung mengatakan bahwa negaranya mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan Indonesia.

”Indonesia memerankan peran positif untuk membantu. Karenanya, Myanmar mengapreasiasi Indonesia karena telah membangun sejumlah bantuan medis di utara Rakhine,” katanya.

Cara-cara Indonesia yang sangat konstruktif, ujar dia, merupakan solusi yang dibutuhkan oleh pemerintah Myanmar. ”Oleh karena itu, saya berharap agar hubungan kedua negara terus terjalin sebagai negara tetangga dan sahabat,” paparnya, Jumat (8/12/2017).

Di kesempatan yang sama, U Thaung juga mejelaskan bahwa negaranya dan Bangladesh sudah meneken kesepakatan mengenai pemulangan pengungsi Rohingya. Menurut data PBB, ada lebih dari 600.000 warga Rohingya yang eksodus ke Bangladesh sejak kekerasan terbaru pecah Agustus lalu.

”Para pengungsi tersebut yang sebelumnya tinggal di Rakhine akan kembali ke wilayah itu. Kami bekerja sama dengan Bangladesh untuk mencapai kesepakatan ini,” katanya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top