alexa snippet

Pemimpin Korut Kim Jong-un Menolak Bertemu Pejabat PBB

Pemimpin Korut Kim Jong-un Menolak Bertemu Pejabat PBB
Pemimpin Korut Kim Jong-un. Foto/Istimewa
A+ A-
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mempunyai sikap tidak bersahabat terhadap pejabat berprofil tinggi yang menyambangi negara itu. Terbaru, Jong-un menolak bertemu Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Politik, Jeffrey Feltman.

Baca juga:
Pejabat Senior PBB Bertemu dengan Wakil Menlu Korut


Feltman dijadwalkan untuk meninggalkan Korut pada hari Kamis setelah menghabiskan empat hari di negara tersebut. Menurut Korea Times, hampir tidak ada kesempatan Feltman untuk mengadakan pertemuan dengan Kim.

Kunjungan Feltman dipicu oleh uji rudal balistik antarbenua Korut yang paling baru dan paling kuat. Sementara Feltman dalam kunjungan ini telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho, pejabat tertinggi PBB yang pernah mengunjungi Korut itu tampaknya telah dihindari oleh Kim Jong-un.

Seorang analis mengatakan sebuah pertemuan antara Kim Jong-un dan perwakilan PBB akan sia-sia dan hanya bisa mengganggunya.

"Sangat jelas bahwa Feltman akan mendesak Kim untuk menghentikan program nuklir dan rudal jika mereka bertemu," Paik Hai-soon, periset di Institut Sejong.

"Kim mungkin khawatir pertemuan mereka mungkin akan terlihat sebagai tanda Pyongyang yang melepaskan ambisi nuklirnya," tambahnya seperti disitir dari Sputnik, Jumat (8/12/2017).

Keengganan Kim Jong-un untuk bertemu dengan seorang utusan tidak hanya berlaku untuk PBB. Sebelumnya, Jong-un juga menolak bertemu seorang utusan dari China.

Presiden China Xi Jinping belum lama ini mengutus Song Tao, seorang diplomat senior, untuk mengunjungi Korut setelah kongres nasional Partai Komunis China (CPC) ditutup pada pertengahan Oktober lalu dan mendukung Jinping untuk masa jabatan lima tahun kedua. Saat tiba di Korut pada pertengahan November, Song ditolak untuk bertemu dengan kepala negara Korut yang tertutup itu. China sendiri adalah sekutu terdekat Korut.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top