alexa snippet

AS Dilaporkan Telah Mengetahui Soal Uji Coba Rudal Korut

AS Dilaporkan Telah Mengetahui Soal Uji Coba Rudal Korut
Korut meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM) Hwasong-15 pada Rabu (29/11/2017) dini hari setelah sempat jeda sejak pertengahan September lalu. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Korea Utara (Korut) belum lama ini meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM) terbarunya pada malam hari. Sejumlah analis menilai, Korut sengaja melakukan hal itu untuk menunjukkan pada Amerika Serikat (AS) bahwa mereka dapat meluncurkan serangan nuklir kejutan ke negara itu.

Namun, penilaian itu ternyata salah karena AS telah mengetahui persiapan peluncuran itu tiga hari sebelumnya. AS bahkan telah mengamati rudal tersebut saat dipasang dan disiapkan selama berjam-jam untuk diluncurkan.

"Setiap kali Korea Utara meluncurkan rudal, ia merilis gambar yang biasanya menampilkan Kim Jong-un di tempat pengamatan. Memperlihatkan tempat tersebut dengan mudah membantu AS menentukan di mana dan kapan Korea Utara dapat merencanakan peluncuran," sumber intelijen AS mengatakan kepada jurnalis The Diplomat's Ankit Panda.

"Dalam kasus peluncuran terbaru Hwasong-15, yang menurut para ahli dapat menyerang wilayah mana saja di AS dengan muatan nuklir, Korea Utara menggunakan perangkat mobile yang mungkin untuk menghindari deteksi," menurut Panda seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (8/12/2017).

Namun AS, dengan jaringan satelit, pesawat tak berawak, dan pesawat mata-mata yang sering berpatroli di langit di atas Korut, tetap mengawasi uji coba tersebut.

Sementara Korut menyiapkan peluncuran yang mengejutkan, AS dilaporkan mengetahui beberapa hari sebelumnya dan sempat membuat keputusan penting apakah peluncuran dilakukan di lokasi peluncuran atau tidak.

Jadi, meski Korut menunjukkan kemampuan mengesankan untuk meluncurkan rudal di tengah malam, nampaknya masih belum cukup untuk menarik perhatian militer AS dengan cepat.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top