alexa snippet

Al-Qaeda Serukan Aksi Dukung Palestina

Al-Qaeda Serukan Aksi Dukung Palestina
Warga Palestina terlibat bentrokan dengan polisi Israel saat demonstrasi menentang pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Foto/Reuters
A+ A-
DUBAI - Kelompok militan Islam Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) telah mengecam keputusan Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Kelompok itu pun meminta militan untuk merapatkan barisan guna mendukung warga Palestina.

Presiden AS Donald Trump pada hari Rabu membalikkan kebijakan yang telah berjalan selama beberapa dekade dan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Dalam pernyataan yang diwartakan oleh kelompok pemantau SITE AS, AQAP yang berbasis di Yaman mengatakan bahwa keputusan Trump adalah hasil dari apa yang dikatakannya sebagai langkah normalisasi antara beberapa negara Teluk Arab dan Israel.

"Ini juga merupakan tantangan nyata bagi dunia Muslim yang melihat sentralitas perjuangan Palestina," kata kelompok tersebut.

"Dalam menghadapi kejadian serius ini, kita berdiri di samping rakyat kita di Palestina dan mendukung mereka dengan semua yang kita miliki," sambung pernyataan itu seperti dilansir dari Reuters, Kamis (7/12/2017).

Kepada militan Islam, kelompok tersebut meminta mereka untuk merapatkan barisan agar siap mendukung orang-orang Palestina dan mendesak umat Islam untuk membantu dengan uang dan senjata.

"Jika Anda tidak bergerak, Tuhan melarang, maka besok tempat tersuci dan kiblat Muslim, Mekkah, akan dijual dan Anda akan menemukan bahwa tidak ada yang membelanya," kata kelompok itu.

AQAP, yang dibentuk pada tahun 2009 oleh penggabungan cabang Al Qaeda di Saudi dan Yaman, dianggap oleh AS sebagai salah satu kelompok jaringan paling berbahaya yang didirikan oleh Osama bin Laden.

AS telah berulang kali melakukan serangan drone terhadap anggota dan pemimpin kelompok tersebut, yang membuat daerah terpencil di Yaman selatan sebagai basis utamanya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top