alexa snippet

Candi Paling Indah Berbagai Negara yang Wajib Kamu Kunjungi

Candi Paling Indah Berbagai Negara yang Wajib Kamu Kunjungi
Candi-candi indah di dunia. FOTO/IST
A+ A-
CANDI atau kuil adalah bangunan-bangunan keagamaan tempat beribadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha. Bangunan ini digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun untuk pemujaan lainnya. Ada sejumlah candi yang memiliki bangunan sangat indah di dunia. Berikut ini di antaranya:

1. ANGKOR WAT KAMBOJA

Angkor Wat adalah kuil Buddha yang dibuat Peradaban Khmer dan dinamai sebagai mahakarya yang pernah dibangun di dunia sesuai dengan desain arsitekturalnya. Candi ini sangat berbeda karena memiliki 3 tingkat berbeda dan yang tertinggi berdiri tegak di ketinggian 65 meter dan memiliki berbagai patung dewa. Sejumlah besar peziarah dunia mengunjungi kuil ini setiap tahun dan merupakan tempat wisata paling terkenal di Kamboja.

2. THE GOLDEN TEMPLE INDIA

Ada sebuah pulau buatan di Punjab, India yang dinobatkan sebagai kuil Buddha terbaik. Ini adalah Kuil Emas terkenal yang dibangun di pulau ini untuk agama Sikh dan berfungsi sebagai pusat spiritual. Kuil ini juga memiliki ruang cermin yang dihias dengan simbol berbentuk seperti Umbrella. Kuil ini dibuat pada abad ke-16 yang dihiasi dengan kanopi emas dan disempurnakan dengan permata berharga serta batu.

3. SRI RANGANATHASWAMY TEMPLE, INDIA

Ini adalah Pura Hindu yang terletak di daerah terkenal bernama Srirangam dari Trichy. Dinobatkan sebagai salah satu kuil terpenting bagi komunitas Wisnu di seluruh dunia. Ini didedikasikan untuk Tuhan Ranganatha dan diklaim siapa beribadah di bait suci ini akan didengarkan, dan semua pemuja diberkati. Terletak di area seluas 156 hektare dan memiliki menara setinggi 236 kaki, serta dilukis dengan sempurna dengan warna-warni untuk daya tarik orang.

4. WAT RONG KHUN THAILAND

Wat Rong Khun adalah candi terindah dan menakjubkan yang memiliki desain tradisional terbaik dalam hal seni dan teknologi terbaru. Seluruh candi dilukis dengan warna putih untuk mewakili kemurnian Buddha. Candi ini memiliki dekorasi emas yang berbeda dan kaca reflektif unik dan berharga.

5. BOROBUDUR INDONESIA

Terletak di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Borobudur ditinggalkan hampir selama ribuan tahun dan kemudian direnovasi dan ditemukan kembali pada tahun 1814. Borobudur menjadi salah satu tempat Warisan Dunia UNESCO di mana memiliki hampir 504 patung Buddha di dalamnya. Borobudur juga merupakan candi Budha tertua di dunia.

6. PRAMBANAN INDONESIA

Prambanan adalah candi yang dibangun pada abad ke-10 dan sesuai dengan struktur Hindu. Candi ini dibuat khusus untuk agama Hindu dan masyarakatnya di Indonesia. Tingginya setinggi 47 meter dan memiliki hampir 3 bangunan, Masing-masing diberi nama Siwa, Wisnu dan Brahma di mana semua arah menghadap ke sisi timur. Tempat ini juga memiliki kuil-kuil kecil dan dihiasi ornamen alami.

7. SHWEDAGON PAGODA MYANMAR

Ini adalah kuil berlapis emas yang terletak pada ketinggian 998 meter dan disempurnakan dengan banyak hiasan emas seberat hampir 9 ton.

8. TIGERS NEST MONASTERY BHUTAN

Tigers Nest Monastery (Biara Sarang Macan Tamil) adalah kuil Budha yang biasa disebut Buddha ke-2 dan dikenal luas karena lokasi dan arsitekturnya yang indah. Lokasi berada di sekitar pegunungan Himalaya tepatnya di Lembah Paro. Tigers Nest Monastery dinobatkan sebagai salah satu tempat suci paling terkenal di Bhutan, yang memiliki pemandangan paling indah di sekitarnya.

9. JETAVANARAMAYA SRI LANKA

Jetavanaramaya dinobatkan sebagai kuil warisan Buddha yang terletak di Sri Lanka. Kuil ini dinamai sesuai dengan bait suci antara Mahayana dan Theravada dari para biksu Buddha. Ini juga disebut sebagai salah satu struktur tertinggi zaman purba. Hal yang paling menakjubkan tentang candi ini adalah bahwa sabuk atau selempang yang digunakan oleh Sang Buddha diabadikan di kuil ini dan merupakan daya tarik wisatawan utama.

10. TEMPLE OF HEAVEN CHINA

Temple of Heaven terletak di China dan dibangun hampir 5 abad lalu oleh Dinasti Ming untuk menghormati langit. Terletak di area seluas 2,7 juta meter persegi dan terbagi lebih jauh menjadi beberapa bagian luar dan dalam. Temple of Heaven memiliki dinding selatan persegi panjang yang diberi simbol bumi, dan bagian melingkar mewakili pemandangan langit.
(amm)
preload video

BERITA TERKAIT

    KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
    • Disqus
    • Facebook
    loading gif
    Top