Mengenal Karaman, Keamiran Islam yang Benderanya Mirip Israel

Selasa, 28 November 2023 - 15:14 WIB
loading...
Mengenal Karaman, Keamiran Islam yang Benderanya Mirip Israel
Bendera Emirate of Karaman atau Negaara Karamanid mirip dengan bendera Negara Israel. Foto/via Wikipedia
A A A
JAKARTA - Karaman (Emirate of Karaman) atau juga dikenal sebagai Karamanid adalah negara dengan sistem keamiran Islam yang berdiri tahun 1250 dan berakhir pada 1487. Uniknya, negara yang sempat ada di Mediterania Timur ini memiliki bendera yang mirip dengan bendera Israel.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emirat dimaknai sebagai pemerintahan atau negara yang dikepalai seorang emir. Sementara keemiratan adalah wilayah kekuasaan sebuah emirat.

Karaman merupakan negara dinasti yang pernah menguasai wilayah selatan di daratan Anatolia atau Asia Kecil.

Bendera Karaman Mirip dengan Israel


Biasa dikenal juga sebagai Beylik Karaman, dinasti ini pernah berkuasa di sejumlah wilayah Anatolia antara abad ke-13 hingga akhir abad ke-15. Namun, saat ini keberadaannya sudah tidak ada, karena telah tergabung menjadi Negara Turki.

Mengutip Jewish Telegraphic Agency, ada banyak hal menarik yang bisa diketahui dari Karaman. Salah satunya berkaitan dengan lambang atau simbol pada benderanya.

Karaman dulunya menjadi salah satu beylik terkuat di Anatolia. Bendera Karaman terdiri atas bintang biru bermata enam. Sekilas sangat mirip dengan lambang Bintang Daud yang tertera pada bendera Israel.

Meski ada kemiripan dengan bendera Israel, namun Karaman memiliki pemahaman sendiri terkait lambang pada benderanya.

Simbol bintang biru bermata enam dari bendera Karaman terinspirasi dari Seal of Solomon atau meterai Raja Solomon (Nabi Sulaiman). Simbol tersebut juga disebut cukup populer digunakan sebagai lambang Islam, khususnya pada kalangan mazhab Hanafi.

Seiring waktu, penggunaan simbol serupa mulai banyak digunakan, namun dengan pemaknaan yang berbeda. Salah satunya adalah dijadikan simbol utama dalam sebuah bendera organisasi Zionis dalam Kongres Zionis Pertama.

Pada puncaknya, simbol bintang biru bermata enam tersebut mulai digunakan organisasi Zionis dengan sebutan Star of David atau Bintang Daud. Saat pendirian negara Yahudi bernama Israel, simbol itu juga dipilih dalam lambang benderanya.

Jadi, bisa dipahami bahwa antara bendera Karaman dan Israel memang mirip, terutama pada bagian simbol bintang biru bermata enam. Namun, sekali lagi pemaknaannya mungkin berbeda.

Terlebih, Karaman sendiri sudah ada jauh sebelum Israel mendeklarasikan diri. Sebaliknya, saat Israel berdiri, Karaman juga sudah tidak ada.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)