Temui Warga Sabang, Mahfud MD Disambut dengan Prosesi Peusijuek

Selasa, 28 November 2023 - 09:58 WIB
loading...
Temui Warga Sabang, Mahfud MD Disambut dengan Prosesi Peusijuek
Cawapres yang didukung Partai Perindo, Mahfud MD, mengunjungi Sabang, Aceh, di hari pertama kampanye, Selasa (28/11/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden yang didukung Partai Perindo, Mahfud MD mengunjungi Sabang, Aceh, di hari pertama kampanye, Selasa (28/11/2023). Pasangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 itu disambut dengan upacara adat Peusijuek.

Mahfud MD mendarat di Bandara Maimun Saleh, Sabang, pukul 08.00 WIB. Setelah itu, pria yang menjabat sebagai Menko Polhukam itu langsung berangkat ke Taman Pasi Jaboi untuk menemui warga. Mahfud tiba di sana sekitar pukul 09.30 WIB.

Mahfud MD langsung disambut oleh tokoh adat desa dan diarahkan untuk menjalani prosesi Peusijeuk. Pelaksanaan Peusijuek dilakukan dengan menaburkan beras padi, air tepung tawar, hingga nasi ketan.

Sebagai informasi, Peusijeuk merupakan sebuah tradisi yang masih dipertahankan hingga kini di Aceh. Tujuan prosesi itu untuk bersyukur kepada Allah.


Prosesi itu biasanya digelar terhadap benda atau manusia dengan harapan memperoleh berkah, selamat, atau akan berada dalam keadaan yang baik.

Cawapres yang didukung Partai Perindo, Mahfud MD, memulai kampanye di Kota Sabang, Aceh, yang merupakan lokasi paling Barat Indonesia. Sementara itu, Capres Ganjar Pranowo memulai kampanyenya di Merauke, Papua Selatan, yang merupakan lokasi paling Timur Indonesia di hari yang sama.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)