China Sebar Penghancur Ubur-Ubur untuk Lindungi Kapal Induknya

Minggu, 03 Desember 2017 - 02:28 WIB
China Sebar Penghancur Ubur-Ubur untuk Lindungi Kapal Induknya
China Sebar Penghancur Ubur-Ubur untuk Lindungi Kapal Induknya
A A A
BEIJING - China menyebarkan senjata baru untuk menghancurkan salah satu ancaman terbesar terhadap kapal induknya. Senjata itu dikenal sebagai “Jellyfish shredder” atau penghancur ubur-ubur.

Alat tersebut bisa menghancurkan ubur-ubur menjadi ribuan keping dengan cara memotongnya.

Ubur-ubur itu dianggap sebagai penyabotase nyata kapal induk, karena invertebrata yang mengambang tersebut bisa tersedot ke dalam pipa air intake kapal dan menyumbat sistem pendingin.

Pada bulan Januari 2006 sekawanan ubur-ubur melumpuhkan kerja mesin kapal induk Amerika Serikat, USS Ronald Reagan, saat kapal tersebut berlabuh di Brisbane, Australia. Hewan-hewan laut itu tersedot ke dalam kondensor kapal raksasa dan melumpuhkannya sampai teknisi mengatasi kekacauan tersebut.

Penghancur ubur-ubur yang disebar China berwujud jaring besar yang panjangnya ratusan meter. Jaring raksasa tersebut dilengkapi satu set pisau tajam di tengahnya.

Mengutip laporan South China Morning Post, Minggu (3/12/2017), penghancur ubur-ubur tersebut diderek oleh perahu yang melaju dengan kecepatan tinggi. Alat itu berfungsi menyedot ubur-ubur sampai mengalami kematian yang mengerikan.

Tim peneliti dari Urban Robotics Lab di Korea KAIST University juga menciptakan mesin serupa dan merilis sebuah video yang menunjukkan bagaimana alat tersebut menghancurkan ikan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)