Hariri: Demi Kebaikan Lebanon, Hizbullah Harus Bersikap Netral

Selasa, 28 November 2017 - 12:15 WIB
Hariri: Demi Kebaikan Lebanon, Hizbullah Harus Bersikap Netral
Hariri: Demi Kebaikan Lebanon, Hizbullah Harus Bersikap Netral
A A A
BEIRUT - Perdana Menteri Libanon Saad al-Hariri meminta Hizbullah untuk mencampuri urusan negara lain. Dia mendesak Hizbullah untuk bersikap netral, demi stabilitas Lebanon dan kawasan.

"Saya tidak menginginkan sebuah partai politik di pemerintahan saya yang mengganggu negara-negara Arab untuk menganggu negara-negara Arab lainnya," kata Hariri dalam sebuah pernyataan.

"Saya menunggu netralitas yang kita sepakati di pemerintahan. Seseorang tidak bisa mengatakan satu hal dan melakukan sesuatu yang lain," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Selasa (28/11).

Sementara itu, sebelumnya Hariri dalam sebuah wawancara dengan majalah Saudi menyatakan, Libanon tidak dapat berbuat banyak terhadap Hizbullah, khususnya mengenai senjata yang dimiliki oleh kelompok itu.

Dalam wawancara itu, Hariri mengatakan untuk menyelesaikan masalah senjata Hizbullah diperlukan solusi regional dan bukan solusi domestik. Hal ini dikarenakan Lebanon "terlalu lemah" untuk berhadapan dengan Hizbullah.

Hariri dalam wawacara itu juga menyalahkan Iran karena menggunakan Hizbullah untuk mengacaukan Lebanon. Menurutnya, semua kekuatan yang dimiliki oleh Hizbullah saat ini berasal dari Iran.

"Solusi untuk senjata Hizbullah adalah solusi regional, bukan solusi domestik. Untuk itu, kami (Lebanon) tidak dapat berbuat apa-apa tentang masalah ini. Hizbullah tidak memiliki kemampuan untuk mengelola sebuah negara. Kekuatan itu berasal dari senjata yang disediakan oleh Iran," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2712 seconds (0.1#10.140)