Mantan pemimpin Hamas: Tidak Ada Pemerintahan Asing di Gaza

Sabtu, 25 November 2023 - 01:17 WIB
loading...
Mantan pemimpin Hamas: Tidak Ada Pemerintahan Asing di Gaza
Khaled Meshaal menolak pemerintahan asing di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Mantan pemimpin Hamas Khaled Meshaal muncul memberikan tanggapan terhadap beberapa politisi Barat yang membahas Gaza setelah Hamas.

“Kami menolak partisipasi kekuatan internasional atau Arab dalam pemerintahan Gaza, dan semua rencana ini akan diinjak-injak oleh para pahlawan perlawanan kami, yang dipimpin oleh Brigade Al-Qassam yang menang,” katanya, dilansir Al Jazeera.

Meshaal adalah pemimpin politbiro Hamas hingga ia mencapai batas masa jabatannya pada tahun 2017. Saat ini ia memimpin kantor diaspora Hamas.

Sebelumnya, komentar pemimpin Hamas Khaled Mashal, yang menyerukan warga Maroko untuk menekan Raja Mohammed VI agar mengakhiri hubungan negaranya dengan Israel, telah menyebabkan keributan di negara tersebut.



Komentar Mashal muncul saat dia mengambil bagian dalam “festival politik” virtual di Rabat, sebuah acara online yang diselenggarakan oleh kelompok yang berafiliasi dengan partai Islamis Keadilan dan Pembangunan (PJD) Maroko.

Pemimpin Hamas meminta rakyat Maroko untuk “memperbaiki kesalahan mereka” dan menuntut pengusiran duta besar Israel dan memutuskan semua hubungan dengan negara tersebut.

“Saya menyerukan kepada saudara-saudara saya di Maroko… untuk beralih ke kepemimpinan negara, demi kepentingan dan keamanan Maroko, dengan tuntutan untuk memutuskan hubungan, menghentikan normalisasi, dan mengusir duta besar. Menuntut untuk melupakan masalah ini, yang tidak sesuai dengan karakter negara terhormat seperti Maroko,” kata Mashal.

“Langkah seperti itu akan meyakinkan Barat dan AS untuk merevisi posisi mereka,” tambahnya.

Meskipun sebagian warga Maroko mendukung pernyataan tersebut, seruan Mashal untuk menekan perdana menteri Maroko secara luas dipandang sebagai hasutan perselisihan sipil dan penghinaan terhadap raja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)