Jepang Anugerahi Bintang Jasa pada Cendikiawan Muslim Indonesia

Kamis, 23 November 2017 - 23:25 WIB
Jepang Anugerahi Bintang Jasa pada Cendikiawan Muslim Indonesia
Jepang Anugerahi Bintang Jasa pada Cendikiawan Muslim Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jepang menganugerahi bintang jasa kepada cendekiawan Muslim Indonesia, Azyumardi Azra. Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu mendapat pengharagaan "The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star".

Proses penyerahan bintang jasa tersebut dilakukan pada tanggal 7 November lalu di Tokyo. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii kemudian menggelar resepsi penyerahan bintang jasa itu di Jakarta.

Dalam sambutanya saat resepsi tersebut, Ishii menuturkan dia sangat senang bisa merayakan penyerahan bintang jasa terhadap Azyumardi. Ia menyebut Azyumardi pantas menerima pengharagaan itu karena sejumlah jasanya bagi perkembangan hubungan Jepang dan Indonesia.

"Saya sangat gembira dapat merayakan penyerahan bintang jasa kali ini. Profesor Azyumardi telah lama meneliti Islam moderat. Beliau adalah salah satu tokoh Islam terbaik di Indonesia," ucap Ishii di kediamaannya di bilangan Jakarta Selatan pada Kamis (23/11/2017).

Dia menuturkan Azyumardi telah memberikan pemahaman Islam yang benar pada warga Jepang. Mantan rektor UIN itu dinilai telah mendorong pengertian di antara masyarakat Islam di Indonesia dan masyarakat Jepang melalui proyek undangan bagi para guru pesantren atau kyai-kyai muda ke Jepang.

Sementara itu pada gilirannya, Azyumardi mengucapkan terima kasih kepada Jepang. Ia juga mengaku bangga karena berkat penganugerahan ini, Azyumardi bisa berjumpa dengan Kaisar Akihito dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Penghargaan itu sendiri memamg diberikan langsung oleh Kaisar Akihito di Istana Kerajaan Jepang.

"Saya berterima kasih pada Kaisar Akihito dan Perdana Menteri Shinzo Abe yang telah memberikan sertifikatnya kepada saya. Suatu kehormatan bagi saya bisa bertemu langsung dengan Kaisar yang akan segera turun takhta," ungkapnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3608 seconds (0.1#10.140)