alexa snippet

Mugabe Lengser, Rakyat Zimbabwe Berpesta

Mugabe Lengser, Rakyat Zimbabwe Berpesta
Warga Zimbabwe, turun ke jalan, berdansa, sembari tertawa lepas saat mereka mendengar Mugabe telah meletakkan jabatan sebagai Presiden Zimbabwe. Foto/Reuters
A+ A-
HARARE - Mundurnya Robert Mugabe sebagai Presiden Zimbabwe disambut baik oleh masyarakat negara di bagian selatan Afrika tersebut. Masyarakat Zimbabwe turun ke jalan untuk merayakan lengsernya Mugabe.

Melansir Sputnik pada Rabu (22/11), warga di ibukota Zimbabwe, Harare, turun ke jalan, berdansa, sembari tertawa lepas saat mereka mendengar Mugabe telah meletakkan jabatan sebagai Presiden Zimbabwe.

Kegembiraan itu tidak hanya terlihat di jalanan Zimbabwe, namun ini juga terlihat di dalam Parleman negara itu. Seluruh anggota Parlemen Zimbabwe berdansa setelah Jacob Mudendahe membacakan bahwa Mugabe setuju untuk mundur.

Seperti diketahui, Mugabe akhirnya memutuskan untuk meletakkan jabatannya, setelah 37 tahun berkuasa. Pengunduran diri Mugabe datang di tengah meningkatkan tekanan, baik dari masyarakat, hingga Parlemen terhadap dirinya untuk mundur.

"Saya, Robert Gabriel Mugabe, mengingat pasal 96 Konstitusi Zimbabwe, dengan ini secara formal saya mengajukan pengunduran diri,"  tutur Mudenda saat membacakan surat bersejarah salah satu presiden terlama di benua Afrika itu.

Pengunduran diri Mugabe disambut baik oleh sejumlah negara, salah satunya Inggris. "Pengunduran diri Robert Mugabe memberi Zimbabwe kesempatan untuk menempuh jalan baru yang bebas dari penindasan. Dalam beberapa hari ini kita telah melihat keinginan rakyat Zimbabwe untuk pemilihan yang bebas dan adil dan kesempatan untuk membangun kembali ekonomi negara di bawah pemerintahan yang sah,” kata Perdana Menteri Inggris Theresa May.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top