Hun Sen Tantang AS Potong Semua Bantuan untuk Kamboja

Minggu, 19 November 2017 - 14:55 WIB
Hun Sen Tantang AS Potong Semua Bantuan untuk Kamboja
Hun Sen Tantang AS Potong Semua Bantuan untuk Kamboja
A A A
PHNOM PENH - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menantang Amerika Serikat (AS) untuk memotong semua bantuan setelah mengumumkan akan mengakhiri pendanaan untuk pemilihan umum tahun depan. Keputusan itu dilakukan sebagai tanggapan atas pembubaran partai oposisi oleh Mahkamah Agung Kamboja.

Baca Juga: Mahkamah Agung Kamboja Bubarkan Partai Oposisi

Hun Sen telah mengambil garis anti Amerika di tengah ketegangan jelang pemilihan umum pada 2018 nanti. Pria yang telah memerintah Kamboja selama lebih dari tiga dekade ini telah menindak tegas setiap kritik, kelompok hak asasi manusia dan media independen.

AS pada hari Jumat mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakhiri pendanaan untuk pemilihan tersebut. Washington juga dan menjanjikan lebih banyak langkah nyata setelah Mahkamah Agung membubarkan Partai Rescue Nasional Kamboja (CNRP) atas permintaan pemerintah, dengan alasan merencanakan untuk merebut kekuasaan. Partai oposisi itu pun membantah tuduhan tersebut.

Situs Fresh News yang pro-pemerintah melaporkan bahwa Hun Sen mengatakan dalam sebuah pidato kepada pekerja garmen bahwa dia menyambut pemotongan bantuan AS dan mendesaknya untuk memotong semuanya.

"Samdech Techo Hun Sen menegaskan bahwa pemotongan bantuan AS tidak akan membunuh pemerintah namun hanya akan membunuh sekelompok orang yang melayani kebijakan Amerika," tulis Fresh News, menggunakan gelar resmi Hun Sen seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/11/2017).

Laporan ini tidak mengidentifikasi orang-orang yang dicurigai melayani kebijakan AS namun menambahkan: "Hun Sen menyambut dan mendorong AS untuk memotong semua bantuan."

Kedutaan Besar AS di Phnom Penh tidak menanggapi permintaan untuk memberikan komentar.

Pada bulan April lalu, kedutaan AS mengumumkan dana USD1,8 juta akan dihibahkan untuk membantu pemilihan lokal tahun ini dan pemilihan umum tahun depan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan di situsnya bahwa bantuan AS ke Kamboja untuk program kesehatan, pendidikan, pemerintahan, pertumbuhan ekonomi dan pembersihan persenjataan yang tidak meledak senilai lebih dari USD77,6 juta pada tahun 2014.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3237 seconds (0.1#10.140)