alexametrics

Kanada Siap Bantu ASEAN Selesaikan Masalah Rohingya

loading...
Kanada Siap Bantu ASEAN Selesaikan Masalah Rohingya
Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Marie Louisse Hannan menuturkan, pihaknya siap mendukung upaya ASEAN untuk menyelesaikan masalah Rohingya. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A+ A-
JAKARTA - Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Marie Louisse Hannan menuturkan, pihaknya siap mendukung upaya ASEAN untuk menyelesaikan masalah Rohingya. Dia menyebut, hal itu telah disampaikan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat menghadiri KTT ke-31 ASEAN di Manila.

Berbicara saat melakukan pertemuan dengan sejumlah awak media, Hannan menuturkan, salah satu alasan Kanada ingin membantu menyelesaikan masalah ini adalah karena isu Rohingya menjadi perhatian utama pemerintah dan masyarakat Kanada.

"Perdana Menteri kami memang mengemukakan fakta bahwa Kanada siap membantu upaya yang akan dilakukan Myanmar dan yang telah dilakukan Bangladesh dan ASEAN untuk menemukan solusi, baik dari sisi politik maupun kemanusiaan," ucap Hannan pada Jumat (17/11).

Hannan menyebut, Trudeau telah menunjuk utusan khusus untuk Myanmar. Utusan khusus tersebut adalah Bob Rae, seorang politisi senior di Kanada, yang saat ini menjabat sebagai pemimpin sementara Partai Liberal.

DIrinya juga menuturkan, Trudeau telah melakukan pertemuan dengan pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi untuk menyampaikan kesiapan Kanada membantu upaya penyelesaia krisis Rohingya, di sela-sela KTT ASEAN.

Hannan menambahkan, Kanada telah mengucurkan 25 juta dolar Kanada untuk membantu Myanmar dan Bangladesh menangani masalah kemanusiaan, termasuk situasi di Rakhine. Kanada juga meminta Myanmar untuk mengaplikasikan rekomendasi dari Komisi pimpinan mantan Sekretaris Jenderal PBB, Koffi Annan yang diyakini bisa memberikan solusi untuk krisis di Rakhine.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak